Lengkapi Terminal Baru, Disbudpar Mantapkan Fungsi Utama Tourist Information Center (TIC) Dikirim: 11 Jan 2017, 07:01

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Air Itam, Pangkalpinang – Menjalankan fungsi utama TIC yakni memberikan informasi awal bagi wisatawan adalah hal yang utama karena itu merupakan tugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel). Jangan sampai wisatawan sudah sampai di tengah kota tanpa mengetahui informasi apa pun dan akhirnya bingung. Demikian dikatakan Arie Primajaya, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Babel ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/1).

Sejalan dengan dioperasikannya terminal baru Bandar Udara (bandara) Depati Amir, Pangkalpinang, Disbudpar Babel juga telah menyiapkan Tourist Information Center (TIC) yang berfungsi sebagai sarana penyediaan informasi kepariwisataan bagi masyarakat atau  wisatawan. TIC ini berada di dekat pintu kedatangan (Arrival) sehingga mudah dijangkau oleh para wisatawan.

Arie mengatakan bahwa TIC dibuat dengan menyesuaikan bangunan terminal baru yang bersih dan enak dilihat. “Semakin bagus terminalnya, semakin bagus juga TIC-nya, mudah-mudahan dengan adanya peningkatan tersebut dapat memberi pengaruh positif bagi pelayanan informasi yang kita berikan. Selain itu, TIC juga dilengkapi dengan mesin Anjungan Informasi Mandiri (AIM) yang mengakomodir berbagai informasi kepariwisataan kabupaten/kota se – Provinsi Babel,” kata Arie.

Kedepannya, lebih lanjut Arie menjelaskan, bidangnya juga berkeinginan bahwa mesin AIM juga dapat ditempatkan di kantor-kantor pemerintahan. “Kadang-kadang orang-orang yang datang ke kantor pemerintahan ini bukan saja dalam rangka kedinasan, tapi juga datang untuk menemui kerabat atau keluarga. Nah, sembari menunggu mereka bisa melihat-lihat mesin AIM-nya. Bahkan kadang-kadang masyarakat Bangka Belitung sendiri masih ada yang belum tahu potensi wisata yang ada di daerahnya, akibat dari tingginya tingkat rutinitas mereka,” jelas Arie.

Disamping itu, menurut Arie dengan adanya Bidang Destinasi merupakan nomenklatur yang tepat untuk semakin mendukung proses pelaksanaan tugas Disbudpar Babel. Tinggal mendorong Bidang Destinasi agar dapat mengoptimalkan destinasi-destinasi pariwisata yang ada di Bangka Belitung. Sehingga dapat memberikan pilihan destinasi yang semakin beragam bagi wisatawan dan informasi tersebut sekaligus dapat diakomodir oleh TIC.

Harapannya kedepan TIC memiliki lebih banyak fungsi dan dapat mengakomodir berbagai potensi pariwisata yang ada di kabupaten/kota se - Provinsi Babel, serta dapat didukung oleh SDM yang semakin mumpuni.

 

Dokumentasi        : Rafiq Elzan

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung