Kegiatan Pengembangan Industri Pariwisata (Review Pola Perjalanan Wisata)

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Berangkat dari pentingnya peranan sektor pariwisata dalam meningkatkan pendapatan daerah, maka dibutuhkan suatu review pola perjalanan wisata dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku pariwisata dalam pembuatan pola perjalanan wisata di Bangka Belitung. “Pariwisata memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan daerah dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan, karena pariwisata dapat mempertemukan permintaan antar daerah. Potensi Pariwisata Indonesia sangatlah besar, baik dari potensi wisata budaya, wisata belanja, maupun wisata pendidikan. Dalam mengembangkan pariwisata tentunya didukung oleh industri-industri atau usaha-usaha terkait dengan pariwisata sesuai dengan UU Nomor 10 Tahun 2009”, tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin, S.H., M.H saat meresmikan pembukaan kegiatan Pengembangan Industri Pariwisata (Review Pola Perjalanan Wisata) Tahun 2015 di Hotel Grand Vella, Bangka Tengah, Rabu (29/7/2015). 

Dalam sambutannya juga, K. A Tajuddin menambahkan bahwa harapannya nanti sektor pariwisata dapat menggantikan sektor pertambangan khususnya timah, yang masih menjadi unggulan di Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan sektor pertambangan lambat laun akan habis diolah. Dan ketika pertambangan tidak lagi dapat diharapkan, maka diperlukan suatu sektor unggulan lain yang siap dan dapat diandalkan bagi perekonomian masyarakat Bangka Belitung. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dalam menjalankannya akan melibatkan berbagai bidang dan pihak. Dimana dengan pariwisata juga akan ada pemeliharaan dan pelestarian lingkungan, pemantapan infrastruktur, dan upaya-upaya lainnya yang bersifat berkelanjutan. Besar harapan melalui review pola perjalanan yang tepat dapat menambah lenght of stay para wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung.

Selain dihadiri oleh berbagai pihak terkait, kegiatan ini juga mendatangkan Drs. Partono, yakni Kepala Bidang Administrasi Komisi Otorisasi Sertifikasi Bidang Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai narasumber. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, yakni dari tanggal 29 Juli sampai dengan 31 Juli 2015.

 

 

Reporter/Fotografer : Ernawati Arif, S.Sos

Editor : Gunawan Marwanto

Sumber: 

Humas Disbudpar Prov. Kep. Babel