Disbudpar Prov. Kep. Babel Sertifikasikan Front Office dan Bell Boy

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) pada Desember mendatang menuntut pihak Pemerintah untuk menyiapkan berbagai sumber daya manusia agar menjadi sumber daya yang berkualitas dan siap bersaing dengan sumber daya negara Asia lainnya pada bidangnya masing-masing. Pariwisata, salah satu sektor unggulan Indonesia dan Kepulauan Bangka Belitung khususnya, dalam hal ini juga berupaya mempersiapkan sumber dayanya, diantaranya dengan melakukan sertifikasi bagi para front office dan bell boy.

Dalam kesempatan ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kep. Babel bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Jakarta mengadakan kegiatan Sertifikasi Front Office dan Bell Boy, bertempat di hotel Soll Marina Bangka tengah Senin (28/9). Kegiatan ini dibuka dan diresmikan oleh Kadisbudpar Prov. Kep. Babel K. A Tajuddin. “Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) Desember mendatang, kita perlu melakukan pemantapan sumber daya pariwisata, salah satunya melalui sertifikasi ini. Sertifikasi ini selain akan memberi kemudahan bagi jenjang karir dibidangnya juga membantu sumber daya pariwisata kita dalam menghadapi persaingan global nanti. Diharapkan dengan adanya sertifikasi ini juga dapat memotivasi sumber daya pariwisata kita untuk bekerja atau memberi pelayanan yang lebih baik,” kata Tajuddin.    

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Jakarta Faizal Riza Amry menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi para front office dan bell boy di Pulau Bangka untuk membekali diri dalam menghadapi persaingan pada MEA nanti. Dengan adanya sertifikasi ini akan memberi nilai tambah bagi kualifikasi front office dan bell boy itu sendiri. Diharapkan dengan adanya sertifikasi ini dapat membantu pemerintah dalam memantapkan pariwisata di Bangka Belitung khususnya dalam bidang pelayanan.

 

Fotografer     : Ernawati Arif, S. Sos

Editor            : Achmad Mustiar, S. St. Par

 

Sumber: 

Humas Disbudpar Prov. Kep. Babel