Kemenpar RI Kerahkan Pramuka Mempromosikan Destinasi Wisata

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Selasa (22/9) bertempat di Hotel Puncak Pangkalpinang, Kegiatan Sosialisasi Satuan Karya (Saka) Pramuka Pariwisata dibuka dan diresmikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin. Dalam sambutannya Tajuddin menuturkan bahwa pengembangan pariwisata tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah atau dinas saja, namun sekarang pramuka pun menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata khususnya dalam upaya mempromosikan destinasi wisata. Mengingat pariwisata akan menjadi salah satu sektor unggulan dalam memberikan kontribusi devisa negara, diperlukan suatu ikatan sinergi baik dan besar dari berbagai pihak terkait yang mengakar pada setiap aspek sehingga dapat mewujudkan tujuan pariwisata itu sendiri.

Masih dalam acara pembukaan, Yabez L Tosia yang hadir mewakili Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata RI menyampaikan bahwa kini pemerintah mulai melibatkan peran pramuka dalam mempromosikan destinasi pariwisata. Dengan jumlah yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menyebarluaskan informasi-informasi kepariwisataan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia termasuk Bangka Belitung. Pernyataan ini diperkuat oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hardijono, bahwa pramuka siap membantu pemerintah dalam hal upaya mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Bangka Belitung.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang peserta yang berasal dari kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat 3 krida pada Saka Pramuka Pariwisata, yakni Pemandu, Penyuluh, dan Kuliner. Dari 3 krida tersebut masih akan dilakukan pembinaan lanjutan oleh Kemenpar RI.

 

Reporter/Fotografer: Ernawati Arif, S. Sos

Editor: Achmad Mustiar, S. St. Par

Sumber: 

Humas Disbudpar