Kembangkan Desa Wisata Dengan Sadar Wisata Dan Sapta Pesona

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

SUNGAILIAT, BANGKA – Jum’at 30 Oktober 2015, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan Workshop Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015. Bertempat di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka, kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 30 sampai dengan 31 Oktober 2015.  

Workshop ini dibagi menjadi 2 (dua) kelompok pembahasan, yakni pembahasan Kapasitas Usaha dengan jumlah peserta 30 (tiga puluh) orang yang berasal dari pengrajin cinderamata, pemandu wisata, pengrajin kuliner, pengelola homestay, pengelola atraksi seni dan budaya, pemandu selam, dan pemandu outbond. Sedangkan peserta kelompok pembahasan Sadar Wisata berjumlah 40 (empat puluh) orang yang berasal dari instansi pemerintah terkait, pokdarwis, kepolisian, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat. Disamping workshop, Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memberikan bantuan berupa kompor gas yang diberikan kepada peserta kelompok bahasan pertama.

“Suatu destinasi wisata selalu diramaikan oleh pasar UMKM. Dan kita harus selalu optimis dalam menjalankan berbagai upaya terkait memajukan suatu desa wisata, termasuk dalam berkreasi dengan produk khasnya,” menurut Mapilindo, Kepala Bidang UMKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bangka pada bahasan Kapasitas Usaha.

Dalam penutupannya, Kadisbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin mengatakan bahwa kemauan yang kuat akan suatu usaha bagaimana pun juga pada akhirnya akan membawa kita pada suatu hasil. Maka dari itu, jangan pernah putus asa, terus berusaha, demi majunya desa wisata yang kita miliki.

Fotografer/ Reporter: Ernawati Arif

Sumber: 

Humas Disbudpar