Festival Seni Tradisi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Kamis malam (26/11/2015) Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang disemarakkan dengan adanya perhelatan Festival Seni Tradisi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Festival ini dimeriahkan oleh pementasan tari tradisonal khas Bangka Belitung yang ditampilkan oleh sanggar-sanggar dari 7 kabupaten/kota se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maestro Campak Dalung Pak Batman dengan anak-anak didiknya, dan juga penampilan artis dangdut nasional asal Bangka Belitung, yakni Yendri KDI.

Acara yang berlangsung selama 2 (dua) hari berturut-turut ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin. Dalam sambutan tersebut Tajuddin mengatakan bahwa Gubernur menyambut positif akan adanya kegiatan Festival Seni Tradisi ini. “Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan di Bangka Belitung. Sebagai wadah untuk terus melestarikan seni budaya tradisonal khas Bangka Belitung agar tak hilang dimakan zaman,” kata Tajuddin.      

Pada malam pembukaan ini juga hadir sanggar Wonderful East Kutai, binaan Yunita Ronting yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur, didampingi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur. Sanggar ini berhasil memberikan suguhan tarian yang unik dan menarik dengan judul tarian “Long Ngasu” yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat Kalimantan Timur yakni berburu dan berladang.

Adapun jenis seni tradisi yang dilombakan pada festival ini, antara lain Dambus, Rebana, Campak, dan Rudat. Keluar sebagai pemenang dari masing-masing jenis tarian dengan urutan satu, dua, dan tiga, antara lain, untuk Dambus pemenangnya adalah Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan. Untuk Rebana urutan pemenangnya adalah Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, dan Bangka Barat. Untuk Campak urutan pemenangnya adalah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Bangka Barat. Dan terakhir untuk Rudat urutan pemenangnya adalah Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, dan Bangka Barat. Para juri yang berpatisipasi dalam penilaian festival ini, antara lain Jamal Gentayangan, Denny Chandra, dan Saat Thoyib.        

Reporter/Fotografer: Ernawati Arif

Sumber: 

Humas Disbudpar