Penghargaan Homestay terbaik se-Pulau Bangka

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia  bertempat di ruang pertemuan Hotel Bangka City Pangkalpinang pada hari Rabu, 11 November 2015 memberikan pembekalan pengelolaan homestay kepada para pengelola homestay di Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Bangka sekaligus memberikan penghargaan kepada pemilik/pengelola homestay yang dianggap berhasil mengelola homestay untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tajuddin, SH.

Acara tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang pariwisata 2015 yang dilakukan di 7 provinsi di Indonesia. Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penjurian dilaksanakan pada 09 dan 10 November 2015 dengan mengunjungi homestay-homestay tersebut. Penjurian dilakukan oleh Drs. Bakri, MM (Mantan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kemenbudpar), Ir. Doto Yogantoro (Ahli dan Praktisi Homestay Desa Pentingsari Merapi), DR (Cand.) Maharnani Tri Astuti (peneliti pariwisata).

Dalam pembekalan yang dihadiri 64 pengelola homestay, Ir. Doto Yogantoro yang juga berkesempatan mengikuti Homestay Fair di Kota Muntok pada September 2015 menyampaikan manfaat yang diperoleh masyarakat dari mengelola homestay dan kiat-kiat pengelolaan homestay yang merupakan pengalaman pribadi beliau selaku praktisi.

Pada Sessi kedua acara tersebut, yang juga dimeriahkan oleh tarian dari Sanggar Buluh Perindu, Drs. Bakri, MM membacakan SK No. 4/Kep/BS/Apresiasi/XI/2015 tanggal 10 november 2015 yang menetapkan peringkat penerima penghargaan homestay sebagai berikut:

Peringkat I: Homestay Sudirman 12 (Supeni), Kelurahan Sungai Daeng Kecamatan Mentok dengan nilai 82,2

Peringkat II: Homestay Cikulur (Chaeruddin), Kelurahan Sungai daeng kecamatan Mentok dengan nilai 80,5

Peringkat III: Homestay Napat kampong Tegalrejo Kelurahan sungai Baru Kecamatan Mentok dengan nilai 78.

Para peraih penghargaan mendapatkan uang pembinaan masing-masing sebesar 10 juta rupiah, 7 juta rupiah, dan 5 juta rupiah serta piagam penghargaan dan 1 set seprai, bantal dan plakat. Selain itu diberikan pula penghargaan khusus kepada homestay Rumah putih (Abang Faisal) dan Homestay Klaster Melayu.

Kepala Bidang Pengembangan Potensi masyarakat Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar RI, Dra. Ambar Rukmi, M.Pd. menyampaikan bahwa nilai yang dicapai jika dibandingkan dengan pemenang di beberapa provinsi yang lain memang lebih rendah. Namun beliau mengharapkan agar penghargaan ini menjadi motivasi kepada para pengelola homestay di Bangka Belitung yang memang baru mulai tumbuh untuk mengelola homestay yang ada lebih baik lagi. Disampaikan pula bahwa pada kesempatan berikutnya, Kementerian Pariwisata akan menilai homestay-homestay yang ada di Pulau Belitung. (RB).

Photo: Rusni

Sumber: 

Disbudpar Babel