Pelatihan Pengembangan Tingkatkan Usaha Wisata Kuliner Bangka Belitung

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Senin (30/11/2015), Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pertama kalinya mengadakan Pelatihan Pengembangan Usaha Wisata Kuliner Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015. Bertempat di Citraland Botanical City, Pangkalpinang, Event ini disambut antusias oleh para peserta yang terdiri dari para pelaku usaha kuliner, pokdarwis, dan desa wisata dari setiap kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mayoritas adalah ibu-ibu.       

Setiap kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengirimkan peserta dengan jumlah kuota yang sudah ditetapkan oleh panitia. Para peserta tersebut bekerjasama sebagai satu tim yang memasak jenis kuliner unggulan dari setiap kabupaten/kota asal mereka, kurang lebih selama 1 jam.       

Pembukaan acara dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin. Pada kesempatan ini juga beliau memberikan pengarahan singkat guna memotivasi dan memberikan pencerahan bagi para peserta. “Tidak ada orang yang berwisata ke suatu daerah dan tidak akan makan,” kata Tajuddin. “Sejauh apapun tempat yang akan ditempuh untuk mendapatkan makanan yang enak, pasti akan ditetap dicari,” lanjutnya. Hal ini menjelaskan bahwa sebagai tuan rumah kita harus menyediakan penganan khas daerah kita bagi para wisatawan. Tentunya penganan tersebut dibuat dengan cita rasa, penampilan, dan pengemasan yang baik, sehingga akan menarik perhatian para wisatawan.

 

Tampil sebagai narasumber pada pelatihan ini adalah Dewanta Manik didampingi oleh Indra Bhuwana yang berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – Pariwisata, Jakarta. Dewanta memberikan ulasan atau evaluasi singkat kepada para peserta setelah mencicipi setiap masakan yang disajikan, mulai dari segi pengolahan, sanitasi, penyajian, dan penampilan. Selain evaluasi, beliau juga memberikan materi tentang tips dan trik seputar usaha wisata kuliner.

Pada akhir acara ditetapkan sebagai pemenang, yakni Penyaji Terbaik jatuh kepada Kabupaten Bangka Barat, sedangkan Penampilan dan Pengemasan Terbaik jatuh kepada Kabupaten Bangka. Diharapkan dari setiap kabupaten/kota tersebut akan mensosialisasikan kembali ilmu dan pengetahuan yang telah mereka dapatkan dari kegiatan pelatihan ini demi  memajukan kepariwisataan Bangka Belitung, khususnya dalam hal kuliner.

Reporter/Fotografer: Ernawati Arif

Sumber: 

Humas Disbudpar