“Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kab. Bangka Tengah Koordinasikan GMT 2016 Dengan Disbudpar Prov. Kep. Babel”

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Air Itam, Pangkalpinang – Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Tengah melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka koordinasi terkait Gerhana Matahari Total atau yang disingkat dengan GMT 2016. Kedatangan rombongan yang diketuai oleh Maryam selaku Ketua Komisi II DPRD Kab. Bangka Tengah disambut baik oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K. A Tajuddin.

     Disampaikan oleh Maryam dalam pembukaannya bahwa kunjungan kerja ini dimaksud untuk berkoordinasi terkait fenomena alam yang langka, yakni gerhana matahari total atau yang dikenal dunia dengan total solar eclipse. “Kami ingin menjadikan moment GMT 2016 di Bangka Tengah ini sebagai suatu moment yang sangan berkesan dan tidak monoton,” kata Maryam. “Berbagai perbaikan sarana dan prasarana umum seperti jalan, fasilitas-fasilitas umum, dan tempat-tempat obyek wisata pun sudah dilakukan,” tambahnya.

     Pembahasan koordinasi GMT 2016 ini dipimpin langsung oleh Tajuddin selaku Kadisbupar Prov. Kep. Babel. Beliau menyambut positif akan hal ini dan memberikan beberapa masukan yang dapat diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam memaksimalkan moment GMT 2016 yang tepatnya memiliki titik pengamatan di Pantai terentang, Bangka Tengah. “Kami dari Disbudpar Prov. Kep. Babel juga akan mengajak kabupaten-kabupaten lain dan kota di Prov. Kep. Babel untuk ikut mempromosikan GMT 2016 di Bangka Tengah tersebut,” kata Tajuddin.

     Selain itu Tajuddin juga mengatakan bahwa perlunya bekerjasama dengan unsur pendukung utama lainnya sebagai antisipasi beberapa masalah yang harus dihindari, diantaranya untuk penerangan, keamanan, signal alat komunikasi, dan kebersihan termasuk mobil toilet. “Pengagendaan dan pembagian titik pengataman juga harus diperhitungkan dengan tepat. Sehingga tidak menggangggu para wisatawan pada saat puncak terjadinya gerhana matahari total tersebut,” lanjut tajuddin.

     Berdasarkan penuturan Maryam, pihaknya juga akan mengunjungi 3 (tiga) kedutaan besar guna sosialisasi GMT 2016 ini, diantaranya Jepang, Inggris, dan Amerika. Menurutnya berbagai upaya ini dilakukan demi mendukung perkembangan pariwisata Bangka Belitung sebagai salah satu destinasi internasional yang dimiliki Indonesia.  

Editor                      : Rusni Budiati

Sumber                    : Ernawati Arif