“Rakor Persiapan GMT 2016”

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Air Itam, Pangkalpinang – Selasa, 19 Januari 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Ruang Rapat Tanjung Pesona, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

     Rapar Koordinasi Persiapan ini dimaksud untuk membahas persiapan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka menyambut terjadinya fenomena alam yang sangat langka, yakni gerhana matahari total. Beberapa daerah Bangka Belitung yang akan dilewati oleh titik pengamatan gerhana matahari total tersebut, antara lain Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur.

     Dalam rakor tersebut, K. A Tajuddin selaku Kadisbudpar Prov. Kep. Babel mengemukakan bahwa dibutuhkan sinergi dari setiap kabupaten/kota untuk “membesarkan” acara ini, terutama dalam hal promosi. “Fenomena alam ini harus dipromosikan dengan cepat dan tertuju pada sasaran yang tepat. Karena wisatawan yang akan rela meluangkan waktunya datang ke Bangka Belitung hanya untuk menikmati gerhana matahari total ini bisa dikatakan sebagai wisatawan minat khusus”, kata Tajuddin.

     Rakor yang dipimpin oleh Budiman Ginting, selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengundang Walikota, Bupati, beberapa dinas terkait dari setiap kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, maskapai, dan pemandu wisata atau agen perjalanan.

     Setiap unsur menyampaikan sejauh mana persiapan atau hal-hal apa saja yang telah mereka lakukan untuk kesiapan acara Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Bangka belitung, yang tepatnya akan terjadi pata tanggal 09 maret 2016 mendatang.

     Menurut Tajuddin, Rakor terkait GMT 2016 ini kemungkinan akan dilaksanakan kembali untuk memperkuat kesiapan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam memanfaatkan peristiwa penting ini guna sebagai pintu gerbang pariwisata Bangka Belitung.

Sumber: 

Ernawati Arif