Bedah Buku KELEKAK SEJARAH BANGKA

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

VisitBangkaBelitung.Com, Sungailiat -- Pada hari Kamis, 24 Maret 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka dan Museum Timah Indonesia, melaksanakan kegiatan Bedah Buku Kelekak Sejarah Bangka bertempat di Kantor Bupati Bangka di Sungailiat.

Buku Kelekak Sejarah Bangka diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten bangka, yang memuat 28 artikel yang menceritakan Geografi, Budaya, Penambangan, Islamisasi dan Pendidikan di Pulau Bangka.

Acara dibuka oleh Bupati Bangka dengan menghadirkan mantan Rektor UBB, Prof. Dr. Bustami Rahman sebagai keynote speaker. Para pembicara adalah beberapa penulis buku KSB itu sendiri.

Pada sessi pertama, pembicara adalah Drs. Akhmad Elvian (Distrik Sungailiat dan Merawang), Subri, M.Si, (Biografi Syaikh Abdurahman Siddik dan Kondisi Sosial Keagamaan Masyarakat Pulau Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung), Indra Ambalika, M.Si. (Hikayat Desa Bukit Layang), dan Fadhilah Imam, SE (Kristalisasi Nasionalisme di Perguruan Setia Budi Sungailiat), dengan moderator Alfian dari Disbudpar Bangka.

Pada Sessi kedua, hadir pula Ir. Sutedjo Sujitno, penulis buku Sejarah Timah Indonesia. Pada sessi kedua tersebut, dengan dipandu oleh Ali Usman dari Bangka, penulis KSB yang memaparkan artikelnya adalah DR. Rusydi Sulaiman (Peradaban Kampung di Bangka), Derita Prapti Rahayu, MH, (Timah Ampak Sebagai Kearifan Lokal di Kab. Bangka), dan Agung Purnama, (Sejarah Penambangan Timah dan Keberadaan Etnis China di Pulau Bangka).

Acara yang berlangsung sampai sore hari tersebut dihadiri oleh para akademisi, tokoh masyarakat, budayawan serta masyarakat, yang juga mendapatkan buku Kelekak Sejarah Bangka tersebut.

Sumber: 

Disbudpar Babel