Pangkalpinang Travel Mart 2 (PTM2)

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

VisitBangkaBelitung.Com, Pangkalpinang -- Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kota Pangkalpinang bekerja sama dengan PHRI dan ASITA Bangka Belitung serta didukung Disbudpar Babel dan beberapa pihak lainnya melaksanakan Pangkalpinang Travel Mart 2 (PTM 2) yang digelar dari tanggal 8 s.d. 10 April 2016.

Travel Mart yang dilaksanakan untuk kedua kalinya ini diikuti oleh 19 seller dari Bangka Belitung dan 35 buyer dari beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Palembang, Solo, Surabaya, Padang serta dari Malaysia dan Singapura. Jumlah buyer tersebut meningkat dari PTM I sebanyak 28 perusahaan yang digelar tahun lalu. Menurut panitia, sebelumnya ada 40 perusahaan yang mendaftar, namun membatalkan kedatangan karena peristiwa Banjir yang melanda Pangkalpinang.

PTM 2 kali ini mengusung tema “Pangkalpinang Tempoe Doeloe” yang memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Pangkalpinang sebagai salah satu kota dalam jaringan Kota Pusaka Indonesia. Para peserta diajak berkeliling Kota Pangkalpinang menggunakan kendaraan bis kayu yang akrab disebut masyarakat Bangka pada era 80an dengan “Pownis”.

Para peserta PTM 2 di terima di Masjid Kayu Tua Tunu oleh Kadisbudparpora Kota Pangkalpinang yang didampingi Haji Heri dari Kelekak Community, Agus Ismunarno, Wendo Irwanto (PHRI) serta Pemantun Bangka, Pak Cik Karyo. Para peserta berganti-gantian berbalas pantun dengan maestro pantun Bangka Belitung tersebut.

Acara utama PTM 2, yaitu table top, dilaksanakan di Queen Crown Meeting Room, Pangkalpinang pada hari Sabtu 9 April 2016. Para peserta juga berkunjung ke Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Galeri Destiani dan House of Lay.

Di Bangka Belitung, selain Pangkalpinang Travel Mart, juga digelar Pelangi Travel Mart yang dilaksanakan di Pulau Belitung. Pelangi Travel Mart sendiri pada tahun ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober.

Sumber: 

Disbudpar Babel