“Sungailiat Triathlon 2016 : Berwisata Dengan Cara Yang Berbeda”

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Sungailiat, Bangka – Sabtu pagi (23/4), Sungailiat Triathlon 2016 disambut dengan hangatnya sinar matahari di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka. Event ke – empat yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka ini, diikuti sebanyak 425 orang peserta yang berasal dari Aljazair, Australia, Austria, Amerika, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Indonesia, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, dan Prancis.

Rustam Effendi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat melepas rombongan pertama dari peserta Sungailiat Triathlon 2016 mengatakan, “Keamanan dan kenyamanan adalah hal yang utama dalam penyelenggaraan ini. Karena dengan demikian, para peserta dan pengunjung yang datang dapat menikmati kegiatan ini dengan menyenangkan.”

Kegiatan wisata minat khusus ini menjadi berbeda karena dipadupadankan dengan olahraga (renang, sepeda, dan lari) dengan rute yang melewati beberapa objek wisata di Sungailiat, antara lain Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir, dan Pantai Temberan.

Jarak tempuh yang disediakan oleh Sungailiat Triathlon 2016, antara lain Long Distance (1,9 km swim, 90 km bike, dan 21,1 km run), Standart dan Standart Relay (1,5 km swim, 40 km bike, dan 10 km run), dan Sprint (750 m swim, 20 km bike, dan 5 km run).

Masih dari Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka, Rustam kembali mengatakan bahwa selain pantai, saat ini Pemerintah Kabupaten Bangka sedang mengembangkan kebun raya untuk menambah daya tarik wisata. Sehingga pada kesempatan seperti saat ini (Sungailiat Triathlon 2016), akan menjadi semakin menarik bagi para pengunjung atau wisatawan.

Kegiatan lain yang turut meramaikan pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2016, antara lain Festival Kuliner Khas Bangka, bazar handycraft, atraksi kesenian, dan nganggung.

 

Info Para Juara

Kategori Long Distance

Female :

  1. Mahalia Pantja
  2. Ai Lien Tran Cong
  3. Luwung Sindunata

Male :

  1. Abdoullah Mitiche
  2. Zsombor Deak
  3. Salvador Alarcon Alacio

Kategori Standar Individu

Female :

  1. Eva Desiana
  2. Roma Maranatha
  3. Sabihisma Arsyl

Male :

  1. Jauhari Johan
  2. Mathieu Ohalloran
  3. Muhammad Taufik

Kategori Sprint Distance 

Female :

  1. Irra Putri Adriani
  2. Ellen Suhardjo
  3. Anisa Bella Kolopaking

Male :

  1. Rori S Putra
  2. Cristian Sanderson
  3. Fauzy Fanyla

Kategori Standart Team 

  1. Palawija Triathlon
  2. Yonif 9 Marinir
  3. Ina Masters Triathlon

(Sumber data: Bangka Pos)

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel