Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov.Kep.Babel Matangkan Persiapan Pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai 2016

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang, Jum’at (27/5) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan rapat lanjutan terkait  pembahasan persiapan pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai 2016, di ruang kerja Kepala Dinas. Rapat yang dipimpin langsung oleh K. A Tajuddin selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini membahas berbagai segi persiapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Festival Serumpun Sebalai 2016.

Festival Serumpun Sebalai merupakan sebuah festival seni tari dan budaya daerah bertaraf nasional yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Disbudpar Prov. Kep. Babel. Festival ini terdiri dari 3 (tiga) event sekaligus, yakni Festival Seni Tradisi, Seleksi Tari Serumpun Sebalai, dan Parade Tari Nusantara. Hingga saat ini, pelaksanaan direncanakan akan digelar pada tanggal 20 sampai dengan 26 Juli 2016 di Alun-alun Taman Merdeka.

Tajuddin selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat bersemangat dan antusias menyambut perhelatan besar ini.

“Untuk menjadi bangsa pemenang, maka kita harus memiliki impian yang besar pula. Dengan berkah Tuhan, itu semua akan menjadi mungkin, selama kita melakukan segala sesuatu selalu diiringi dengan kesungguhan dan keseriusan. Kendala dan masalah merupakan hal biasa dalam setiap proses. Dengan berusaha menemukan solusinya maka akan memberikan pembelajaran yang berharga bagi kita semua,” kata Tajuddin.

Festival Serumpun Sebalai 2016 ini mengundang peserta yakni para pelaku seni dan budaya dari kabupaten/kota se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, seluruh provinsi di Indonesia, dan kedutaan besar negara ASEAN di Indonesia. Dalam hal ini pihak kedutaan besar ASEAN akan berpartisipasi pada exhibition (pameran).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini tentunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak lainnya, baik itu dengan lembaga pemerintahan mau pun swasta. Pihak Kementerian Pariwisata juga berencana akan memfasilitasi untuk launching yang dapat dilaksanakan 10 (sepuluh) hari sebelum pelaksanaan, di Kementerian Pariwisata RI, Jakarta.

Sajian khas yang akan ditampilkan pada Festival Serumpun Sebalai kali ini adalah pementasan tarian kolosal bertemakan perpaduan budaya Melayu dan Cina, yang dibawakan oleh 30 (tiga puluh) orang atau lebih penari yang diseleksi terlebih dahulu dari kalangan pelajar. Pementasan tersebut akan diatur sedemikian rupa sehingga benar-benar menjadi suatu sajian yang akan menjadi kenangan bagi setiap pengunjung yang datang, khususnya bagi pengunjung yang datang dari luar Pulau Bangka.

Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga akan menyediakan beberapa stan pameran untuk meramaikan kegiatan ini.

 

Fotografer             : Rafiq Elzan

Editor                    : Yuliarsih

 

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung