Masyarakat, Pemeran Utama Pada Panggung Pariwisata

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pemahaman masyarakat akan pentingnya peranan masyarakat itu sendiri dalam partisipasinya untuk memajukan kepariwisataan daerah merupakan kunci dari kesuksesan pariwisata. Kamis, 26 Mei 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata di Pantai Burung Mandi, Kabupaten Belitung Timur.

“Masyarakat sebagai pemeran utama pada panggung pariwisata. Karena selain menjadi tuan rumah, masyarakat juga lah yang akan mengelola potensi pariwisata yang ada di daerah mereka,” tutur Helly Chandra selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, saat membuka acara.

Selanjutnya Helly mengatakan bahwa saat ini pariwisata Bangka Belitung masih terus berproses dan berkembang. Tentunya, upaya-upaya untuk memberikan pemahaman peranan masyarakat terhadap kemajuan pariwisata Bangka Belitung harus tetap digiatkan.

Kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata ini mengambil tempat di alam terbuka atau outdoor yang dipandu oleh Budi Setiawan selaku Ketua Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Ismail selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini dipadupadankan dengan aktifitas outdoor karena suasananya akan terasa lebih akrab dan menyatu dengan masyarakat.

Dalam memberikan sosialisasi, lanjut Ismail, diperlukan kiat-kiat tertentu dalam penyampaiannya. Sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan benar dan baik oleh para peserta. Harapannya, tahun demi tahun upaya seperti ini akan semakin memperlihatkan hasil positif, khususnya baik bagi masyarakat di daerah destinasi, dan bagi pariwisata Bangka Belitung pada umumnya.

 

Dokumentasi           : Ismail Permana

Sumber: 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kep. Babel