Semakin Tingkatkan SDM, Disbudpar Sosialisasikan Pemilihan Putri Pariwisata dan Putri Indonesia Babel 2016

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

BELITUNG – Dengan telah berakhirnya masa bakti Putri Pariwisata dan Putri Indonesia  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2015, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali akan menyelenggarakan pemilihan Putri Pariwisata dan Putri Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2016. Untuk itu, Disbupar terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi terkait pemilihan tersebut, guna menjaring calon-calon Putri Pariwisata dan Putri Indonesia yang semakin berkualitas.

Ketua pelaksana Firmansyah yang juga selaku Kepala Sub Bagian Umum dan Perlengkapan mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mencari bakat dan minat serta kualitas sumber daya manusia yang mampu mempromosikan dan memahami tentang pariwisata secara umum dan pariwisata Bangka Belitung khususnya. “Untuk menjaring sumber daya manusia sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, kita akan melakukan sosialisasi ke beberapa instansi/kampus/sekolah di 7 (tujuh) kabupaten/kota se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Firman.

Perkembangan pariwisata Bangka Belitung, lanjut Firmansyah, membutuhkan sosok seorang putri yang memiliki pemahaman tinggi akan pariwisata Bangka Belitung, uptodate terhadap perkembangan pariwisata secara umum, dan mampu memproyeksikan dirinya sebagai iconpariwisata Bangka Belitung yang dinamis.

Sosialisasi Pemilihan Putri Pariwisata dan Putri Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2016 ini dijadwalkan mulai dari tanggal 08 hingga 28 Juni 2016. Dan sosialisasi pertama sudah dilaksanakan di Akademi Perawat Belitung oleh Firmansyah didampingi perwakilan pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Rabu (8/6/2016) yang lalu. Sosialisasi kemudian dilanjutkan ke Polres Belitung, SMAN 1 Manggar dan Polres Belitung Timur serta dihadiri oleh Tajuddin selaku Kadisbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Secara umum, persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang akan mengikuti pemilihan ini, diantaranya wanita WNI, usia 18 – 24 tahun, minimal SMU/sederajat, tinggi badan minimal 165 cm, berbahasa Indonesia yang baik dan benar, belum menikah dan belum memiliki anak, serta bebas dari narkotika dan obat terlarang.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi tentang Pemilihan Putri Pariwisata dan Putri Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2016 secara merata, dan para calon peserta tentunya dapat mulai mempersiapkan diri mereka untuk ikut dalam ajang bergengsi ini.

 

Dokumentasi           : Firmansyah

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitun