Disbudpar Kembali Catat Prestasi : Babel Lahirkan Festival Seni Budaya Tingkat Nasional

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

www.visitbangkabelitung.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali mencatat prestasi. Pasalnya, perhelatan seni budaya Serumpun Sebalai yang diadakan setiap tahun, pada tahun 2016 ini menjadi festival seni budaya bertaraf nasional dengan nama Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara (FPSSN).

Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara (FPSSN)  2016 secara resmi dibuka pada hari Sabtu (23/7), bertempat di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi, dan dimeriahkan oleh  penampilan artis ibu kota, Aura Kasih.

Rustam mengatakan bahwa dengan dijadikannya festival ini menjadi tingkat nasional, bukan saja menjadi wadah meningkatkan kecakapan para seniman dan seniwati dalam melahirkan karya-karyanya, tetapi juga menjadi ajang silahturahmi bagi para seniman dan seniwati di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Rustam mengatakan, “Mudah-mudahan kedepannya, Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara ini dapat menjadi festival seni budaya bertaraf internasional sehingga pertunjukan ini akan menjadi suatu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Bangka Belitung.”

Festival ini diikuti oleh beberapa provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi Riau, Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Babel dengan melombakan tarian kreasi hasil garapan para seniman dan seniwati daerah.

Rangkaian acara FPSSN 2016 sudah dimulai sejak hari Rabu (20/7), dengan Festival Seni Tradisi sebagai acara pembukanya. Sedangkan seleksi tari Festival Serumpun Sebalai dilakukan pada hari Kamis (21/7). Sebagai pemenang yakni sanggar Rebang Emas asal kabupaten Bangka yang selanjutnya akan bersaing dengan sanggar-sanggar dari provinsi lain pada Minggu dan Senin (24 s.d 25 Juli).

Kepala Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengaku sangat senang dan memberikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi sejumlah provinsi lain dalam acara ini.

“Festival Serumpun Sebalai ini merupakan pertunjukan seni budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini membutuhkan suatu inovasi atau perubahan untuk meningkatkan eksistensi kualitas dari festival ini sendiri. Tahun ini kami mengupayakan agar kegiatan ini dapat melibatkan para seniman dan seniwati berbakat dari daerah lain,” kata Kepala Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ditemui usai acara pembukaan.

Keluar sebagai Juara I sekaligus Juara Umum Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 yakni Provinsi Banten, diikuti oleh Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Dokumentasi           : Rafiq Elzan

Editor                      : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung