Festival Seni Tradisi “Gong” Pembuka Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara Babel 2016

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Festival Seni Tradisi membuka rangkaian acara Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016, pada hari Rabu, 20 Juli 2016, bertempat di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang. Acara dimulai pada pukul delapan malam tepat, dipandu oleh Sukma dan Wiwin. Penampilan peserta pertama untuk lomba Campak yakni peserta nomor urut satu, sanggar Pandan Wangi, dengan judul tarian “Gurek E”, dari Kabupaten Bangka Barat.

Festival ini merupakan lomba bagi para pemenang hasil seleksi tingkat kabupaten/kota se -Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan beberapa jenis lomba, yakni Campak, Rudat, Dambus, dan Rebbana. Tahun ini diikuti oleh enam  kabupaten/kota, diantaranya Kota Pangkalpinang, kabupaten Bangka, kabupaten Bangka Tengah, kabupaten Bangka Barat, kabupaten Belitung, dan kabupaten Belitung Timur.

Saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu, Tajuddin selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengatakan bahwa Festival Seni Tradisi ini merupakan wadah untuk melestarikan seni dan budaya tradisional khas Bangka Belitung yang sangat beragam dan memiliki keunikan tersendiri.

Lebih lanjut beliau mengatakan, “Acara ini bukan hanya untuk melestarikan seni budaya Bangka Belitung, tapi juga ingin mengajak para generasi muda kita untuk menghargai, mencintai dan ikut melestarikan seni budaya tradisional Bangka Belitung karena kalau bukan kita, siapa lagi?” kata Tajuddin.

Rangkaian acara akan berlangsung dari tanggal 20 sampai dengan 26 Juli 2016. Secara resmi dan sekaligus acara puncak Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 ini adalah pada tanggal 23 Juli 2016 dengan menghadirkan artis kenamaan ibu kota, Aura Kasih. Festival berakhir pada tanggal 26 Juli 2016. Sedangkan penyerahan hadiah secara simbolis kepada para pemenang Festival Seni Tradisi ini akan dilakukan pada acara puncak.

Para juri yang berpartisipasi pada pagelaran seni budaya ini adalah Jamaluddin, S. Kar., M. Sn; Hanny Herlina, S. Sn., M, Sn; Alfianto, S. Sn., M. Sn, dan Drs. Denny Chandra, M. Sn.

 

Dokumentasi           : Rafiq Elzan

Editor                      : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung