Ground Breaking KEK Tanjung Kelayang, KEK Tercepat Di Indonesia

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

BELITUNG – Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang dimulai Jum’at (2/9/2016) ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking) oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Direktur Utama Konsorsium Belitung Maritime Silk Road (BMSR) Adek Julianwar, dan disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, beserta sembilan duta besar dan para undangan lainnya, di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kesembilan duta besar yang hadir, antara lain Duta Besar Oman Bawazeer, Duta Besar Venezuela Darwin Tovar, Duta Besar Turki Mehmet Kadri Sander Gurbuz, Duta Besar Swedia Johanna Brismar Skoog, Duta Besar Italia Vittorio Sandalli, Duta Besar Armenia Anna Aghadjanian, Duta Besar India Nengcha Lhouvum, Duta Besar Singapura Anil Kumar Nayar, dan Duta Besar Malaysia Zharain Mohamed Hashim.

Selain itu, peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh Bupati Belitung Sahani Saleh,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A Tajuddin, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, Kapolda Bangka Belitung Brigjen (Pol) Yovianes Mahar, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Forkominda Kabupaten Belitung. 

Dalam press release Kementerian Pariwisata Menpar Arief Yahya mengatakan, “Terima kasih konsosrsium bergerak sangat cepat. Ini menjadi KEK Pariwisata pertama di era Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. KEK dengan pengurusan izin tercepat sepanjang sejarah. Lalu, tercepat pula ground breaking, hanya membutuhkan waktu enam bulan dari sejak ditetapkan secara resmi sebagai KEK. Ini bisa menjadi contoh bagi kawasan lain yang sedang mengurus KEK Pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya di Jakarta.

KEK Tanjung Kelayang menempati lahan seluas 324,4 Ha. Ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016, tepatnya pada 15 Maret 2016 yang lalu.

Pada acara peletakan batu pertama ini juga, dilakukan penanaman 15 pohon serta penandatanganan maklumat Belitung oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Perhubungan, para Duta Besar, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Belitung, serta tokoh adat dan agama.

Selain itu, acara juga diramaikan dengan sejumlah atraksi budaya dan pertunjukan dari Schooling Fish Dance oleh remaja Belitung dengan koreografer Eko Supriyanto. 

 

Dokumentasi           : www.tourismvaganza.com

Editor                      : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung