Vokasi Pariwisata UI Dalami Karakteristik Wisata Pesisir Bangka

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Vokasi Pariwisata Universitas Indonesia (UI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Model Pedoman Pengembangan Kawasan Wisata Pedesaan, bertempat di Kantor Disbudpar, Air Itam, Pangkalpinang, pada hari Selasa (20/9/2016).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung     K. A Tajuddin. Adapun maksud kegiatan ini adalah mendapatkan gambaran yang lebih holistik dan komprehensif tentang model pengembangan destinasi pariwisata yang sedang dikembangkan oleh Vokasi Parwisata UI.

Jajang Gunawijaya selaku penanggung jawab Vokasi Pariwisata UI mengatakan bahwa Kabupaten Bangka merupakan salah satu contoh daerah pesisir yang potensial yang saat ini sedang berkembang pariwisatanya. “Bangka itu mirip dengan Purwakarta, Jawa Barat, yang juga pernah diteliti untuk kepentingan serupa selama 4 tahun. Daerah yang kaya akan potensi tapi sering hanya dilewati. Seperti Purwakarta, kebanyakan orang datang dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya, hanya melewatinya saja. Kalau kita perhatikan Bangka juga begitu, biasanya hanya menjadi tempat lewat orang yang mau ke Palembang atau Belitung.” jelas Jajang.

Sementara itu Engkus Kuswenda selaku Sekretaris Disbudpar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mengatakan bahwa kebudayaan yang mendukung kepariwisataan Bangka Belitung didominasi oleh dua  etnis , yakni Melayu dan Cina. Perpaduan tersebut saling berdampingan dan memperkaya khasanah budaya Bangka Belitung. Salah satu contoh dapat ditemukan di Kota Muntok, Bangka Barat, terdapat Mesjid Jami’ yang dibangun berdampingan dengan sebuah klenteng.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah SKPD terkait, Lembaga Adat, Tim Peneliti UI, dan para undangan lainnya ini menampung banyak masukan terkait perkembangan pariwisata pesisir di Bangka, yang nantinya akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Model Pedoman Pengembangan Kawasan Wisata Pedesaan.

 

Dokumentasi           : Rafiq Elzan

Editor                      : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung