Festival Belitong : Stop Perusakan Terumbu Karang Dan Tambah Event Nasional Bahkan Internasional Dikirim: 22 Oct 2016, 10:10

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Tanjung Kelayang, Belitung – “Sebagai wilayah yang memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa, tidak boleh ada aktivitas yang dapat merusak terumbu karang di Belitung,” ujar Rustam Effendi saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Festival Belitong, pada hari Sabtu (22/10), di Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung.

Selain menghimbau agar menjaga terumbu karang Belitung, Rustam juga mengajak masyarakat Belitung untuk memanfaatkan moment dalam event-event pariwisata yang diselenggarakan di Belitung. Masyarakat harus mampu mengambil dan memanfaatkan perannya dalam pembangunan pariwisata.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh yang mengatakan, “Setelah tetralogi Laskar Pelangi dikenal luas, Belitong ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang diperoleh melalui perjuangan panjang. Tentunya, Pemerintah Daerah Belitong tidak main-main untuk memakmurkan warga Belitong,” kata Sahani.

Masih pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomaritim) yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi SDM IPTEK dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan bahwa Belitung merupakan kawasan strategis untuk pariwisata. Guna mempercepat pertumbuhan pariwisata, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni meningkatkan jumlah destinasi, memperbaiki infrastruktur destinasi, dan menambah event-event budaya bertaraf nasional bahkan internasional.

Pembukaan Sail Belitong yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata yang terpusat di Kayong Utara, Kalimantan Barat. Acara dimeriahkan oleh penampilan atraksi Atlet Paramotor Indonesia yang terbang mengitari lokasi panggung, Gerakan Indonesia Membaca Menuju Indonesia Pintar oleh 400 pelajar, pelepasan balon, dan sejumlah penampilan menarik lainnya.

Diantara sejumlah pejabat daerah yang menghadiri acara pembukaan ini, turut hadir Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang datang untuk melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama (KB & PKS) antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Sumatera Selatan.

Beberapa bidang yang terdapat dalam KB & PKS tersebut, antara lain Pekerjaan Umum, Perhubungan, Ketahanan Pangan, Kebudayaan dan Pariwisata, Energi, Penelitian dan Pengembangan IPTEK dan inovasi, Pemudan dan Olah Raga, Perindustrian dan Perdagangan, serta Kelautan dan Perikanan.

Dengan adanya kesepakatan antara kedua provinsi ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah guna kesejahteraan masyarakat.

 

Editor                   : Yuliarsih

Fotografer             : Rafiq Elzan

Sumber: 

Ernawati Arif