Toboali City On Fire Perlihatkan Aura Bangka Selatan

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

visitbangkabelitung.com – Kegiatan bertaraf nasional kembali diselenggarakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Serangkaian acara menarik yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, mulai dari Photo Competition, Fashion Carnaval, Habang Festival, Bikepacker, Color Run, dan beberapa acara lainnya mengisi kegiatan Toboali City on Fire yang diselenggarakan mulai tangggal 7 sampai dengan 9 Oktober 2016.

“Kegiatan ini bukan hanya kegiatan pemerintah, tetapi kegiatan masyarakat juga. Jadi, masyarakat lah yang membuat dan menjaganya. Alhamdulillah, melalui kegiatan ini Bangka Selatan mulai memperlihatkan auranya,” kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer saat menyampaikan sambutannya pada pagelaran Toboali Fashion Carnaval, pada hari Minggu (9/10/2016), di Jalan Sudirman, Toboali, Bangka Selatan.

Sementara itu, Rivai selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan, “Kepariwisataan harus berjalan berdampingan dengan sektor-sektor lainnya sehingga secara bersama-sama dapat saling bersinergi dalam memaksimalkan potensi wisata yang ada. Himbauan kepada masyarakat, kalau ada wisatawan yang datang ke daerah kita, jangan lah cemberut, tetapi sambut lah dengan keramahan agar mereka merasa diterima dan betah di sini,” kata Rivai.

Kementerian Pariwisata yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintahan Tazbir, menyambut positif kegiatan ini. Pasalnya hal ini bisa menjadi penyeimbang Belitung yang sudah lebih dulu dikenal sehingga dapat dijadikan pemicu bagi kabupaten/kota lain di Bangka Belitung untuk memajukan pariwisatanya. Beliau berharap kegiatan ini dapat kembali dilaksanakan tahun depan dan juga mengundang provinsi lainnya.

Fashion Carnaval yang mengangkat tema kekhasan alam Bangka Selatan ini diikuti oleh lebih dari 30 orang peserta dari umum maupun SKPD di lingkungan pemerintahan kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Usai Fashion Carnaval, dilanjutkan dengan Nganggung bersama masyarakat Toboali dan sekitarnya.

Sedangkan penutupan dari seluruh rangkaian kegiatan ini dilangsungkan pada malam harinya, bertempat di Lapangan Bola Laut Nek Aji dengan menampilkan kesenian tradisional khas Bangka Belitung. Acara secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani.

Hidayat juga menyambut positif dan merasa bangga terhadap Bangka Selatan karena telah menunjukkan kemampuannya dalam menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional yang juga diliput oleh berbagai media baik lokal maupun nasional.

 

Dokumentasi          : Rafiq Elzan

Editor                     : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung