Hadapi MEA Disbudpar Babel Bekali Pramuswisata Dengan Sertifikasi

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Tanjung Pandan, Belitung – 75 pramuwisata asal Belitung dan Belitung Timur mengikuti kegiatan Pengembangan Kapasitas Pengelolaan Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2016, di Hotel Bahamas, Tanjung Pandan, Belitung, pada hari Rabu (23/11/2016).

Kegiatan sertifikasi yang berlangsung mulai 23 hingga 25 November 2016 ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Hermanto. Hermanto dalam sambutannya mengatakan, “Saya sangat senang ada kegiatan sertifikasi ini, karena ini akan semakin memperkuat pariwisata kita. Saya yakin para pramuwisata kita juga sangat bersemangat, karena dengan memiliki sertifikat pramuwisata dapat menunjukkan kelayakan memandu mereka.”

Hal senada disampaikan Linda Suryani sebagai Kepala Seksi Ketenagakerjaan dan Ketua Pelaksana, “Sertifikasi salah satu upaya untuk mempersiapkan SDM pariwisata agar mereka dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya karena untuk menghadapi MEA saat ini, peluang mencari pekerjaan jadi semakin sempit. Terkait hal itu, pemerintah melalui Disbudpar Babel membantu SDM pariwisata khususnya pramuwisata dengan mengupayakan agar mereka dapat tersertifikasikan sesuai dengan profesinya,” jelas Linda saat ditemui di ruang kerjanya, pada hari Senin (21/11).

Sejak berlakunya MEA, lanjut Linda, tenaga kerja asal negara-negara ASEAN mulai ramai di Indonesia. Tenaga kerja Indonesia yang sudah memiliki sertifikat nasional akan sangat terbantu dan lebih percaya diri dalam mendapatkan peluang kerja.

Sejumlah kegiatan yang harus diikuti oleh para peserta, mulai dari pembekalan pengetahuan dasar pemanduan, ujian tertulis, hingga assessment praktek dan feedback. Pihak penguji dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pariwisata pusat juga akan menguji setiap peserta dalam uji praktek di lapangan bagaimana cara memandu wisatawan. Sertifikat pramuwisata akan diterima para peserta dalam waktu ±1 bulan.

 

Dokumentasi           : Yulwan

Editor                     : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung