Hut 16 Babel : Pariwisata Perlu Digarap Lebih Serius

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Toboali, Bangka Selatan – Sektor pariwisata diharapkan semakin besar bagi Bangka Belitung dalam mensejahterakan masyarakatnya. Karena itu, pariwisata perlu digarap  lebih serius dibandingkan masa lalu, serta mensinergikannya dengan semua komponen masyarakat, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, kalangan swasta, dan akademisi serta media.

Demikian harapan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi saat wawancara terpisah beberapa waktu yang lalu.

Perayaan malam resepsi atau puncak acara perayaan HUT ke -16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di selenggarakan di Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, bertempat di Lapangan Bola Pantai Nek Aji, pada hari Selasa (22/11/2016). Pemilihan tempat perayaan ini adalah juga sebagai upaya menggalakkan kepariwisataan di Bangka Selatan.

Bupati Bangka Selatan diwakili oleh Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid saat mengawali acara menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para presidium yang telah memperjuangkan terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Beliau mengajak masyarakat khususnya Bangka Selatan untuk berbuat lebih bagi daerah dengan membuktikan bahwa Bangka Selatan bisa  menjadi lebih makmur meski pun pasca timah.

Sementara itu, Darmansyah yang mewakili para presidium juga menyampaikan pembicaraan tentang presidium itu sendiri, “Berawal dari kumpulan 3 atau 4 komite yang dibentuk di beberapa tempat, yakni Bangka, Belitung, Pangkalpinang, dan Jakarta. Kita membentuk organisasi besar yang melibatkan tokoh masyarakat dengan perbedaan ras dan agama namun bertekad sama untuk memperjuangkan terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.”

Darmansyah kembali mengingatkan masyarakat di kabupaten/kota untuk menghindari perpecahan agar dapat mewujudkan Masyarakat Bangka Belitung yang sejahtera. “Jangan lah kita terpecah-pecah. Pangkalpinang sendiri, Bangka sendiri, Bangka Barat sendiri, Bangka Selatan sendiri, Bangka Tengah sendiri, Belitung sendiri, Belitung Timur pun sendiri. Kita semua adalah satu!

Sambutan terakhir sekaligus meresmikan acara, Yuswandi A. Temenggung selaku Plt. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, “Perayaan HUT ke – 16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini menandai sesuatu yang luar biasa, bukan hanya terhadap perjuangan atas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saja tetapi juga terhadap agenda-agenda yang telah dilaksanakan sebelumnya,” kata Yuswandi.

Untuk mencapai tujuan yang besar, lanjut Yuswandi, dibutuhkan satu kata yang sangat sederhana namun sangat sulit dilakukan, yakni kompak. Kekompakan mengandung makna yang sangat besar. Melalui tema “Semangat Peringatan Hari Jadi Ke – 16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kita Wujudkan Kerja Nyata, Berkualitas, dan Transparan Menuju Bangka Belitung yang Sejahtera”, mari kita sama-sama bertekad untuk mewujudkannya.

Puncak acara ditandai dengan pemukulan bedug dan pemotongan tumpeng bersama Wakil Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, dan perwakilan para presidium Darmansyah Husein. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada Darmansyah Husein sebagai simbol rasa terima kasih atas perjuangan para presidium yang telah memperjuangkan terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Malam respsi yang dihadiri oleh hampir seluruh unsur masyarakat dan pemerintah ini merupakan rangkaian akhir perayaan HUT ke – 16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya telah dilaksanakan, antara lain Gerak Jalan Sehat dalam rangka HUT ke – 45 KORPRI, bazar, upacara peringatan HUT ke – 16 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Sidang Paripurna.

 

Dokumentasi          : Rafiq Elzan

Editor                     : Yuliarsih

 

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung