Juara 1 Stand Terbaik : Disbudpar Jaga Eksistensi Pariwisata Babel

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Solo, Jawa Tengah – Selain mempromosikan destinasi-destinasi baru, juga aktif berpartisipasi pada pameran pariwisata potensial yang diselenggarakan di beberapa daerah di Indonesia dapat dijadikan wadah untuk menjaga eksistensi kepariwisataan Bangka Belitung.

Demikian dikatakan Agus Indarto selaku Ketua Pelaksana atas terpilihnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Juara I Stand Terbaik pada Craft Indo 2016 & Explore Wisata Indonesia 2016, di The Park Mall, Solobaru, Jawa Tengah, Minggu (13/11/2016).

Craft Indo 2016 & Explore Wisata Indonesia 2016 merupakan pameran potensi kepariwisataan dari berbagai daerah di Indonesia bertujuan agar dapat mengenal lebih luas destinasi wisata untuk mengetahui kebudayaan daerah di Indonesia yang sangat kaya dan beragam.

Beberapa poin penilaian Stand Terbaik, diantaranya adalah keaktifan peserta pameran, minat pengunjung terhadap stand, keramah-tamahan petugas stand terhadap para pengunjung, dekorasi stand yang attractive, dan tampilan ketersediaan bahan promosi.

Menurut Agus desain tematik yang unik dan menarik dapat menonjolkan keunikan yang khas dari daerah yang diwakili.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan potensi unggulan dari 7 kabupaten/kota se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang. Salah satu tampilan yang menambah daya tarik pada stand ini adalah adanya pemandangan pantai dan laut khas Bangka Belitung.

Martina, pengunjung asal Solo mengatakan, “ Saya seneng melihat pemandangan laut kaya begini, bagus, indah. Pantai Babel memang terkenal tapi saya belum pernah melihat langsung. Jadi kalau ada pameran wisata seperti ini, saya bisa melihat-lihat sebagai  referensi.”

Keikutsertaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada kegiatan pameran untuk mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada, serta menginformasikan kepada pengunjung stand mengenai berbagai perkembangan kepariwisataan Bangka Belitung saat ini, sehingga dapat menciptakan awareness pada masyarakat luas akan eksistensi pariwisata Bangka Belitung.

Pameran yang diselenggarakan oleh PT. Yuka Mitra Promo (Yukapro) didukung oleh Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo, dan The Park ini menampilkan berbagai potensi pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia, seperti destinasi, paket wisata, kerajinan tangan, hingga peluang investasi.

Berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta ikut berpartisipasi pada pameran ini, seperti pemerintah daerah, biro perjalanan wisata, perusahaan terkait kepariwisataan binaan BUMN/BUMD, dan sejumlah lembaga pemerintah terkait lainnya.

 

Dokumentasi          : Agus Indarto

Editor                     : Yuliarsih

 

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung