Raih Duta Wisata Indonesia Intelegensia 2016, Rahmat dan Ulfah Rencanakan Duta Wisata 3.0

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Papua – Rahmat dan Ulfah perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI) tingkat nasional tahun 2016 patut berbangga hati. Pasalnya, pasangan Duta Wisata ini akhirnya suskses meraih Juara Atribut Duta Wisata Indonesia Intelegensia 2016 yang dinobatkan saat Malam Grand Final di Auditorium Universitas Cendrawasih, Papua, Sabtu (3/12/2016).

Rahmat menyampaikan rencana kedepannya yakni menjadi Duta Wisata 3.0. Dimana Duta Wisata 3.0 merupakan Duta Wisata yang mempunyai dampak nyata pada lingkungan, bukan hanya pada aspek pariwisata saja.

“Beberapa program kerja yang akan saya lakukan kedepan, antara lain 1. Kegiatan sosial, berupa penggalangan dana atau terjun langsung membantu masyarakat sekitar yang kesulitan; 2. Kegiatan Edukasi, datang ke sekolah dan mengajak siswa berbahasa Inggris, mengingat peran generasi muda yang sangat penting kedepannya; dan 3. Melakukan kegiatan promosi pariwisata, serta berperan aktif menjaga daerah wisata,” kata Rahmat saat ditemui usai penobatan.

Promosi pariwisata, lanjut Rahmat, bisa dilakukan melalui berbagai media maupun secara langsung dalam kehidupan, dengan memasukkan unsur promosi dalam obrolan singkat namun tetap berisi, serta merencanakan program bersih daerah wisata dan juga pengumpulan saran dari wisatawan guna mendukung kemajuan daerah wisata.

Setelah menjalani serangkaian kegiatan selama masa karantina sejak Senin (28/11) lalu, Ulfah sebagai teman pasangan Duta Wisata Babel Rahmat juga menyampaikan pengalamannya, “Bertemu dengan para Duta Wisata dari provinsi lain saya mendapatkan banyak cerita dan ilmu pengetahuan. Bermacam-macam seni budaya dan cara bagaimana mereka mempromosikannya, khususnya melalui media sosial. Dan ternyata itu adalah salah satu cara yang populer,” jelas Ulfah yang juga ditemui usai penobatan.

Senada dengan yang direncanakan Rahmat, Ulfah pun telah memikirkan beberapa hal yang akan dilakukannya kedepan. “Menjadi duta Wisata Intelegensia adalah sebuah tanggung jawab baru yang menjadi motivasi bagi saya untuk memperluas implementasi dalam hal promosi wisata,” kata Ulfah.

Lebih lanjut Ulfah menjelaskan, “Posisi ini juga memotivasi saya untuk terus berdedikasi pada negeri ini, khususnya Bangka Belitung. Kemampuan, etika, dan kemauan adalah yang saya prioritaskan.”

 

Dokumentasi           : Ernawati Arif

Editor                     : Yuliarsih

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung