Rivai : Pemantapan SOTK Baru Butuh Aparatur Berdedikasi Tinggi

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Air Itam, Pangkalpinang – Pelantikan Pejabat Struktural Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jum’at, 30 Desember 2016 lalu mengakibatkan sedikit perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel).

Bidang Perencanaan yang semula berdiri sebagai satu bidang, kini berubah menjadi salah satu sub bagian dari Bidang Sekretariat, sehingga Bidang Sekretariat memiliki tiga sub bagian, antara lain Perencanaan, Umum dan Perlengkapan, dan Keuangan. Sedangkan Bidang Perencanaan berubah menjadi Bidang Destinasi.

Rivai, Kepala Disbudpar Babel berharap bahwa dengan SOTK dan sekaligus memasuki tahun yang baru pula, Disbudpar Babel dapat semakin baik dan memberikan manfaat bagi Provinsi Babel. Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh.

“Saya berharap dinas ini dapat menjadi semakin baik. Untuk itu dibutuhkan para aparatur negara yang berdedikasi tinggi, loyal terhadap atasan, dan yang terpenting lainnya adalah kedisiplinan,” kata Rivai pada rapat internal awal tahun Disbudpar Babel, di kantor Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (3/1).

Lebih lanjut Rivai mengatakan, “Selain itu aparatur negara juga harus kreatif dalam berinovasi, sehingga kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas tidak monoton.”

Rivai menambahkan bahwa kejujuran dan ketegasan juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh bagi berjalannya suatu instansi. “Kejujuran dan ketegasan baik kepada diri sendiri mau pun orang lain sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas dan kebijakan. Saya menuntut betul faktor-faktor atau nilai-nilai yang saya sebutkan tadi. Tidak ada yang memasukkan nuansa-nuansa kepentingan pribadi atau politik. Karena kalau kita tidak memiliki faktor-faktor tersebut, maka dinas kita akan berjalan terseok-seok.”

Selain itu rapat internal ini juga membahas materi-materi yang akan segera ditindaklanjuti, seperti kedisiplinan pegawai dan pemantapan SOTK baru bagi bidang atau sub bagian yang mengalami perubahan, agar segera dapat dipahami dan dikuasai serta mengenali setiap personil didalamnya.

Rivai menghimbau agar para pegawainya dapat berinovasi positif bagi dinas. “Saya berharap bahkan menghimbau agar kita semua dapat berinovasi dan berkreasi untuk dinas ini sehingga menjadi lebih maju dan tentunya memberikan lebih banyak lagi manfaat bagi provinsi ini.”

Selain itu, Rivai juga menegaskan bahwa pekerjaan yang dimiliki aparatur merupakan amanah yang harus ditepati. Pengingkaran terhadapnya akan berdampak pada nilai kepercayaan. Berkomunikasi, merencanakan, dan saling berkoordinasi dengan baik akan menghindari dari kecemburuan-kecemburuan tertentu. Dan faktor-faktor eksternal lainnya yang berpengaruh agar dapat disesuaikan sehingga Disbudpar Babel tetap terjaga kondusif.

 

Dokumentasi        : Rafiq Elzan

Sumber: 

Disbudpar Prov.Bangka Belitung