INDO-MXGP 2017 Pangkalpinang Awal Momentum Pariwisata Bangka Belitung Di Tahun 2017 Dikirim: 01 Feb 2017, 11:02

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Salah satu upaya menggiatkan pariwisata suatu daerah adalah dengan menyelenggarakan event-event besar atau memanfaatkan momentum-momentum yang tepat untuk dikolaborasikan dengan unsur pariwisata. Awal tahun ini, Kejuaraan Dunia Motocross MXGP dengan nama INDO-MXGP 2017 akan digelar di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), 4-5 Maret 2017 mendatang, di Gelanggang Olahraga (GOR) Sahabudin, Pangkalpinang.

Persiapan pelaksanaan telah dilaporkan pihak Panitia Penyelenggara Kejuaraan Dunia Motocross MXGP kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dan juga Pengurus Pusat IMI (Ikatan Motor Indonesia) dalam jumpa pers yang berlangsung di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (18/1/2017) lalu.

“Sepanjang tahun 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mendukung penyelenggaraan event keolahragaan dan juga kepemudaan yang juga mendorong pariwisata Indonesia ke mancanegara,” kata Menpora menanggapi kesiapan penyelenggaraan event ini.

Menurut Menpora, selain menjadi event olahraga otomotif berskala internasional, kejuaraan motocross MXGP menjadi salah satu ajang promosi wisata Pangkalpinang, Babel, karena Pangkalpinang memiliki banyak sekali tempat wisata terutama wisata pantai, yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Kejuaraan motocross dunia yang tergabung dalam MXGP, lanjut Imam, adalah kejuaraan resmi yang diakui oleh FIM (Federation International Motorcycle). Kejuaraan ini adalah kejuaraan motocross tertinggi di dunia. Atau dengan kata lain, MXGP adalah Moto GP-nya di kejuaraan dunia motocross. Ini adalah peluang sekaligus tantangan bagi kita semua.

Sejalan dengan upaya persiapan yang dilakukan Kemenpora melalui pihak Panitia Penyelenggara, Pemerintah Daerah Provinsi Babel juga telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait sejak Januari 2017 lalu. Sejumlah pihak yang berkepentingan untuk mendukung pelaksanaan INDO-MXGP 2017, diantaranya instansi/lembaga pemerintah, Kepolisisan Daerah, IMI Babel, BUMN, BUMD, PHRI, HPI, ASITA, dan lain sebagainya.

Rivai, Kepala Disbudpar Babel mengatakan, “INDO-MXGP 2017 ini akan menjadi momentum yang tepat bagi kepariwisataan Bangka Belitung, selama kita dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pariwisata terkait dukungan apa saja yang dapat diberikan untuk mengoptimalkan kesempatan ini. Jangan sampai, moment atau kesempatan besar ini hanya lewat begitu saja,” kata Rivai saat diwawancara terpisah, Rabu (1/2).

Untuk itu, lanjut Rivai, para pelaku pariwisata juga dihimbau untuk memanfaatkan moment ini seoptimal mungkin. Karena event ini tidak saja mendatangkan para wisatawan nusantara, namun juga mancanegara yang tentunya membutuhkan perhatian yang serius untuk menanganinya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Arie Primajaya, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Babel juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan event ini diperkirakan akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Babel.

“Berkaca dari penyelenggaraan MXGP di negara-negara lain yang mampu menyedot perhatian, khususnya bagi para penggila motorcross, INDO-MXGP 2017 ini juga akan memberikan dampak yang sama di derah kita. Karena ini kejuaraan internasional, sudah pasti penontonnya pun bukan berasal dari lokal saja, tapi juga dari luar negeri,” kata Arie saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/2).

Selain itu, Arie juga menambahkan bahwa selain fokus pada tingkat kunjungan, dalam scooppariwisata, Disbudpar Babel akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengantisipasi kebutuhan para peserta atau pun penonton yang datang dari luar Babel, berkaitan dengan faktor-faktor pendukung kepariwisataan. Mengingat ini adalah event yang cukup potensial, maka kita harus dapat menciptakan kesan yang baik pada para pengunjung atau wisatawan, sehingga dari kegiatan ini akan menciptakan kunjungan-kunjungan ke Babel berikutnya.

   

Penulis                 : Ernawati Arif

Dokumentasi        : mxgp.com