BANGKA EXPO BRANDING KEPARIWISATAAN KABUPATEN BANGKA

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Sungailiat, Bangka – Selain menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kota Sungailiat yang ke-251 tahun, pameran berskala nasional, Bangka Expo, layaknya gejolak kepariwisataan yang semakin mengangkat nama Kabupaten Bangka. Seperti yang dikatakan Yan Megwandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat mewakili Gubernur membuka kegiatan Bangka Expo, di Taman Hiburan Rakyat, Sungailiat, Bangka, Jum’at (28/4).

“Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada warga masyarakat Kota Sungailiat. Dan dengan adanya Bangka Expo ini akan lebih mengangkat nama atau pun branding kepariwisataan Kabupaten Bangka,” ucap Yan.

Saat membacakan sambutan, secara singkat Yan juga menceritakan saat menelusuri sejarah lahirnya Kota Sungailiat. Selain itu Yan juga merasa bangga bahwa penampilan Bangka Expo telah jauh lebih baik yang tentunya telah disesuaikan dengan standar, dan bahkan sejumlah peserta dari luar Pulau Bangka atau dari Pusat turut berpartisipasi pada pameran ini, seperti Kementerian Pariwisata, LIPI, Kota Tangerang Selatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, PT. Lambang Jaya, dan lain sebagainya.

Tarmizi Saat, Bupati Bangka dalam sambutannya menceritakan pengalamannya saat mengikuti salah satu pameran di Yogyakarta tahun 2015, merupakan bagian dari ide yang ingin beliau terapkan pada Bangka Expo ini. Selain merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-251 Kota Sungailiat, Bangka Expo juga mengingatkan masyarakat akan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Bangka saat ini berkembang dengan sangat baik.

“Dulu tahun 2015 Saya pernah ikut pameran di Yogya yang konsepnya sangat menarik. Dimana pada pameran tersebut dari hulu ke hilir semua pertanian. Dari pagi sampai sore mereka dapat menanam dan panen. Ide ini yang ingin saya terapkan pada Bangka expo. Walau pun baru sekitar 70 persen, Saya sudah sangat senang dan bangga bahwa pameran berskala nasional ini juga diikuti para peserta yang berasal dari luar Pulau Bangka, bahkan dari Pusat,” kata Tarmizi.

Rangkaian kegiatan ini, lanjut Tarmizi, merupakan titik awal bersama Pemerintah Provinsi melahirkan Peraturan Daerah KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) yang akan menggerakkan berbagai sektor yang terkait didalamnya. Beberapa persiapan yang sedang dilakukan, seperti untuk listrik, air, dan jalan.

 

Selain persiapan untuk KEK, Tarmizi juga mengatakan bahwa dana desa juga diperkirakan akan meningkat hingga 3-4 miliar. Untuk itu diharapkan agar desa dapat menampilkan potensi-potensi pariwisata yang dimiliki agar dapat mendukung kepariwisataan Kabupaten Bangka.

Menurut Bima (EO), terdapat 148 stan pada kegiatan ini. Bidang-bidang yang berpartisipasi, antara lain budidaya pertanian, pariwisata, investasi, perindustrian, perdagangan, pertambangan, perikanan, peternakan, koperasi, dan UMKM. Pameran terbuka bagi umum dan dapat dikunjungi hingga 30 April mendatang. Selain stan pameran yang menawarkan berbagai produk menarik, juga terdapat wahana permainan anak-anak.

Selain Sekda Babel dan Bupati Bangka, juga turut hadir dalam acara pembukaan yakni Wakil Bupati Bangka beserta istri, Forkominda Kabupaten Bangka, perwakilan Event Organizer, serta para petinggi lainnya.

 

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : humas.babelprov.go.id

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel