KESESUAIAN PAKET WISATA DENGAN KEBIJAKAN KEPARIWISATAAN DAERAH

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia dan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) pariwisata nasional, tentunya harus ada tindak lanjut yang baik yaitu dengan mempersiapkan dan membangun kualitas serta daya saing kepariwisataan daerah. Demikian dikatakan Engkus Kuswenda, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) mewakili Kepala Disbudpar Babel, saat membuka acara kegiatan Penyusunan Paket Wisata Babel di Hotel Bangka City, Kamis (27/4).

Engkus juga menyampaikan apresiasi kepada para pelaku pariwisata Babel yang hadir pada kegiatan tersebut karena Babel telah meraih 2 penghargaan sekaligus dari Kemenpar RI (Kementerian Pariwisata), yakni sebagai Indeks Daya Saing Kepariwisataan Tertinggi Peringkat ke-3 di Indonesia dan sebagai Destinasi yang Menjanjikan, beberapa waktu yang lalu.

“Capaian ini tentunya bukan merupakan hasil kerja instan, akan tetapi merupakan capaian bersama yang sudah dilakukan saudara-saudara dalam kurun waktu yang cukup lama dan dilakukan secara terintegrasi dan terstruktur di segala aspek yang menjadi unsur penilaiannya,” kata Engkus.

Pada kesempatan yang sama Engkus juga menyampaikan, dalam penyusunan paket wisata perlu memperhatikan instrumen-instrumen kepariwisataan daerah, seperti Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah baik di tingkat provinsi mau pun kabupaten/kota.

”Kesesuaian paket wisata yang dibuat dengan kebijakan kepariwisataan yang ada di daerah, baik dalam pengembangan kawasan mau pun daya tarik wisata termasuk even daerah akan menguatkan daya saing dan daya jual paket wisata yang ada, serta setiap wilayah yang masuk dalam destinasi atau kawasan wisata tersebut memiliki produk-produk unggulan khas masing-masing baik secara tematik maupun potensi wisatanya,” lanjut Engkus.

Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan dari kegiatan ini, antara lain meningkatkan mutu dan daya saing produk pariwisata nasional maupun internasional, mengidentifikasi potensi wisata serta keragaman budaya, meningkatkan kapasitas produk-produk pariwisata, dan mengidentifikasi potensi pasar pariwisata Kepulauan Bangka Belitung.

Harapan dari hasil penyusunan paket wisata ini akan menjadikan Bangka Belitung sebagai destinasi dengan daya saing global atau internasional yang memiliki keragaman daya tarik wisata sehingga dapat menarik para wisatawan untuk mengunjungi Bangka Belitung atau dengan kata lain dapat berkontribusi pada tingkat kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung.

Peserta berjumlah 43 orang yang terdiri dari instansi pemerintah terkait, agen dan biro perjalanan, serta pelaku usaha pariwisata lainnya. Sementara itu, Sansan Arya Lukman (Bella Wisata) dan Abdul Aris Sitaba (Kemenpar) bertindak sebagai narasumber.

 

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : Zalika Hidayanti

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel