LEBARANNYA PARA TRIATHLETE INDONESIA

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Sungailiat, Bangka – Para wisatawan nusantara dan mancanegara tampak ramai memadati area wisata Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka. Pasalnya, Sungailiat Triathlon telah kembali digelar di lokasi yang sama seperti tahun lalu, pada hari ini, Sabtu (22/4). Sejak pukul 05.30 WIB jalan masuk ke area wisata ini telah ditutup guna memperlancar jalannya kegiatan.

Kesiapan rute yang akan dilalui oleh para peserta telah dipantau oleh Bupati Bangka, Tarmizi Saat, didampingi oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Arman; Asisten Administrasi Umum Akhmad Mukhsin; Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Tony Marza; dan Kabag Humas dan Protokol Boy Yandra, Kamis (20/4) lalu.

Sesuai dengan tagline yang digunakan pada Sungailiat Triathlon tahun ini, yakni “Lebarannya Para Penggiat Triathlon Se – Indonesia”, ajang ini memang kerap dijadikan wadah silahturahmi bagi para triathlete di Indonesia.

Sony (52) asal Jakarta, dari komunitas JSS (Jakarta Sony Swimmers) membawa serta sejumlah anak didiknya, mengatakan bahwa Sungailiat Triathlon menjadi ajang silahturahmi atau berkumpulnya para traithlete di Indonesia. “Kalau Sungailiat Triathlon ini rame. Ini kan lebarannya para triathlete. Selain itu, panitia dari Sungailiat Triathlon ini memang lebih akrab,” kata Sony.

Selain itu Sony juga menambahkan bahwa Sungailiat Triathlon memiliki nilai keunikan tersendiri dengan obyek-obyek wisata yang dilewati dalam rutenya. “Di Sungailiat Triathlon enaknya bisa sambil lihat pantai-pantai yang bagus” tambah Sony.

Menurut Sony, Kimi (14), yakni putera dari Sony adalah peserta termuda pada Sungailiat Triathlon tahun ini. Menurut Kimi, ini adalah pengalaman pertamanya mengikuti Sungailiat Triathlon. Harapan Sony, ajang Sungailiat Triathlon akan menambah panjang pengalaman mengikuti ajang serupa yang dimilikinya dan juga Kimi.

Sejumlah pejabat hadir untuk melepas para peserta mulai berlomba, diantaranya Yan Megawandi Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarimizi Saat Bupati Bangka, Rustamsyah Wakil Bupati Bangka, serta yang lainnya.

Yan mengatakan bahwa harapannya melalui Sungailiat Triathlon ini dapat membantu mempromosikan potensi wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka.

“Ini adalah even yang rutin dilaksanakan di Kota Sungailiat, Bangka. kita harapkan dapat memajukan pariwisata daerah ini,” kata Yan sesaat sebelum melepas bendera start.

Menurut Yan para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menceritakan pengalamannya yang menyenangkan saat kembali ke daerah/kota atau negara asalnya. Dengan demikian, selain even Sungailiat Triathlon itu sendiri, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pun akan semakin dikenal.

Pada tahun ini, tercatat sebanyak 523 peserta dari 16 negara dan 16 provinsi di Indonesia yang berasal dari 114 komunitas lari, renang, dan sepeda. 3 pilihan kategori dalam lomba ini, antara lain Long Distance (1,9km renang, 90km sepeda, dan 21,1km lari), Standart Distance ( 1,5km renang, 40km sepeda, dan 10km lari), dan Sprint (750m renang, 20km sepeda, dan 5km lari).

Untuk ketiga kategori tersebut, pemenang pertama diraih oleh Muhammad Ahlul Firman, disusul oleh Hari Rochman, dan diikuti oleh Febram Yulkhairil. Sedangkan untuk puteri diraih oleh Inge Prasetyo, disusul oleh Wahyu Rianti dan Shanelya Hermansah.

Sementara itu untuk kategori Standart Distance putera diraih oleh Jauhari Johan, diikuti oleh Ady Ahman Jukardi, dan Jason Yoe. Sedangkan untuk puteri dimenangkan oleh Rosanna Bille, diikuti oleh Michelle Chrispin dan Katherine Mitchell.

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : Rafiq Elzan

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel