WISATA KULINER ULAS RAHASIA MASAKAN LEMPAH KUNING

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Sungailiat, Bangka – Kegiatan Sungailiat Triathlon 2017 semakin disemarakkan dengan adanya kegiatan Wisata Kuliner yang melombakan masakan khas Bangka Belitung, yakni Lempah Kuning. Ini merupakan kali kedua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) melaksanakan kegiatan Wisata Kuliner sebagai upaya meningkatkan kualitas kuliner Bangka Belitung.

Widaystuti, Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekraf, dan Kelembagaan saat menyampaikan sambutan Kepala Disbudpar Babel, bahwa kuliner merupakan faktor penting dalam pariwisata menjadi primadona bagi para wisatawan.

“Kuliner khas merupakan bagian dari identitas suatu daerah. Untuk itu, setiap daerah sudah seharusnya menjaga atau meningkatkan kualitas, hingga berinovasi untuk kuliner khasnya. Bangka Belitung, salah satu masakan khas yang paling digemari, yakni Lempah Kuning. Penganan ikan yang memiliki cita rasa asin, asam, dan pedas. Bumbu kunyit yang ada didalamnya memiliki khasiat bagi para penderita sakit maag,” kata Widya mengawali sambutannya di area wisata Hotel Tanjung Pesona, Sabtu (22/4).

Dalam menyajikan kuliner, Widya menambahkan, harus menarik bagi wisatawan, sehingga wisatawan pun akhirnya mau mencicipi. Harapannya, dengan adanya perlombaan Wisata Kuliner ini, dapat semakin menyempurnakan pengetahuan kita dalam memasak hingga menyajikan kuliner khas daerah Bangka Belitung.

Doni Golput, Kepala Seksi Ekraf selaku Ketua Panitia juga mengatakan bahwa pentingnya meningkatkan kualitas kuliner khas daerah kita, sehingga kita lebih percaya diri dalam rangka menghadapi atau menjamu para wisatawan yang datang ke Bangka Belitung.

“Kuliner khas yang juga merupakan faktor penting dalam kepariwisataan suatu daerah, sangat penting untuk ditingkatkan kualitasnya. Tentunya kita menginginkan kualitas yang ada telah sesuai dengan standar. Dalam kuliner, tidak hanya rasa yang diprioritaskan. Namun pemilihan bahan, cara pengolahan, kebersihan, hingga penyajian ikut dipertimbangkan. Karena hal tersebut merupakan satu kesatuan dalam penyajian kuliner,” kata Doni saat menyampaikan laporan kegiatan.

Doni juga sempat menyampaikan rencana pembuatan buku tentang kuliner khas yakni Lempah Kuning dari setiap daerah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dari buku tersebut akan terlihat keragaman masakan Lempah Kuning yang memiliki ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Terdapat 3 juri dalam lomba ini, diantaranya Widyastuti (Kabid SDP, Ekraf, dan Kelembagaan Disbudpar Babel), Hj. Nul Elmi (penggiat kuliner), dan Larasati Sedyaningsih (Tim Percepatan Destinasi Prioritas Indonesia).

Para peserta diberikan waktu 2 jam untuk proses memasak, dan 30 menit untuk waktu penyajian. Usai penyajian, para juri akan mengunjungi setiap tim secara berurutan dan mencicipi setiap jenis masakan atau pun minuman yang telah disajikan.

Hasil masakan dari setiap tim juga dihidangkan sebagai jamuan makan siang bagi para undangan dan para pejabat daerah yang sempat mengunjungi lokasi lomba untuk meninjau rangkaian acara dari kegiatan Sungailiat Triathlon ini. Diantaranya hadir Sekretaris Daerah Babel beserta istri, Bupati Bangka, dan Wakil Bupati Bangka.

Profesi para peserta yang mengikuti lomba beragam, mulai dari ibu rumah tangga, komunitas kuliner, Kelompok Sadar Wisata, rumah makan, hingga penggiat kuliner. Setiap kabupaten/kota boleh mengirimkan lebih dari satu tim. Setiap tim menyajikan beberapa jenis masakan dan disajikan semenarik mungkin sesuai dengan ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Nur Elmi, penggiat kuliner senior mengulas tentang rahasia memasak Lempah Kuning. Mulai dari pemilihan bahan mentah, komposisi bumbu dan bahan, waktu memasak, tips, hingga hal-hal yang harus dihindari dalam memasak Lempah Kuning, secara singkat dipaparkan. Beliau berharap para pelaku usaha kuliner yang ada di Bangka Belitung dapat memberikan perhatian untuk memantapkan masakan khas Bangka Belitung ini. Sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pariwisata Bangka Belitung.

Usai penjurian, keluar sebagai Juara 3 yakni Tim 2 Kota Pangkalpinang, Juara 2 diraih oleh Kabupaten Bangka Selatan, Juara 1 kembali diraih oleh Tim 1 Kota Pangkalpinang, dan terakhir Juara Umum diraih oleh Kabupaten Bangka. 

Penulis : Ernawati Arif

Dokumentasi : Rafiq Elzan

Updater : Bambang Oktaria Hartono

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel