Pertemuan kerjasama IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle) melaksanakan agenda National Secretariat Meeting di Hotel Novotel, Bangka Tengah tepatnya di Ruang Koba, Selasa (26/9/2017)

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

www.visitbangkabelitung.com – PCC (Puri Cycling Club) memaparkan rencana perhelatan iven bertemakan sport tourism kepada Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Restoran Gale-Gale, Kampul Dul, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Minggu malam (17/9/2017). Pemaparan ini dilakukan dalam rangka upaya menggiatkan promosi pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui sport tourism.

Iven dengan skala nasional, 1st Bike Touring Bangka Belitung Islands direncanakan akan diselenggarakan pada tahun 2018 mendatang. Pemaparan disambut antusias oleh Erzaldi yang sekaligus sebagai pemrakarsa ide dari rencana perhelatan tersebut. “Saat ini iven-iven yang bersifat sport tourism dalam skala besar, banyak digemari. Bahkan menjadi trending. Sehingga, melalui iven yang besar ini pula akan dapat dimanfaatkan sebagai momentum bagi kita untuk menarik perhatian dan partisipasi banyak wisatawan, bahkan mancanegara sekali pun”, kata Erzaldi.

Selain itu, Gubernur juga berharap kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dapat bersinergi dengan maksimal, agar perhelatan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam pemaparan ini, Gubernur juga didampingi pihak Disbudpar Babel (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh Rivai selaku Kepala Disbudpar Babel dan Arie Primaja selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata.

Secara garis besar, Benny selaku perwakilan dari PCC memaparkan sejumlah poin penting dalam perencanaan, diantaranya rute yang akan dilalui, kebutuhan teknis, dan pihak-pihak yang akan terlibat dalam penyelenggaraan. Sementara, Disbudpar Babel sendiri sudah memiliki pengalaman dengan pelaksanaan iven serupa, yakni Tour De Bangka pada tahun 2012.

Arie Primajaya mewakili Kadisbudpar Babel menjelaskan bahwa Disbudpar Babel akan merencanakan upaya agar iven ini dapat di-launching di Kemenpar (Kementerian Pariwisata), seperti iven-iven besar lainnya yang diselenggarakan di Bangka Belitung. Selain itu, penyebarluasan informasi juga akan diupayakan melalui media sosial yang dimiliki oleh masing-masing OPD terkait, baik daerah mau pun pusat.

Dari 1st Bike Touring Bangka Belitung Islands ini juga, Erzaldi berharap dapat menumbuhkan serta melahirkan calon-calon atlet sepeda nasional yang akan mengharumkan nama Bangka Belitung. 500 orang peserta dari luar Bangka Belitung ditargetkan untuk mengikuti iven ini.

Untuk meramaikan kegiatan, direncanakan di setiap pemberhentian akan ditampilkan sejumlah spot kuliner atau atraksi menarik, mulai dari bazar, tarian tradisional, suguhan kuliner ringan khas Bangka Belitung, hingga aksi MTB Cross Country.

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Editor                     : Yuliarsih

Updater                  : Rafiq Elzan

Dokumentasi          : Arie Primajaya

Sumber: 

Disbudpar Prov. Kep. Babel