Bangka Culture Wave Festival 2019 Segera Digelar

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Visitbangkabelitung.com – Festival multietnis Bangka Culture Wave Festival (BCWF) segera digelar pada 2-7 April 2019, di Pantai Wisata, Tongaci, Sungailiat, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peluncurannya dilangsungkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (25/3).

Staf Ahli Bidang Multikultural, Esthy Reko Astuti mewakili Menteri Pariwisata mengatakan bahwa Bangka Culture Wave Festival dan Sungailiat Triathlon merupakan momentum untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Bangka bagi para wisatawan.

“Kami harapkan dengan diadakannya BCWF dan Sungailiat Triathlon di Bangka, dapat menjaring lebih banyak wisatawan yang datang. Kami ingin agar Bangka lebih dikenal, sama halnya dengan Belitung yang namanya sudah dikenal berkat lokasinya yang digunakan dalam sebuah film Laskar Pelangi. Kami ingin hal yang sama juga terjadi di Bangka, yakni semakin dikenal masyarakat terutama dalam hal daya tarik wisatanya,” kata Esthy

Bupati Bangka, Mulkan yang turut hadir dalam acara peluncuran menjelaskan bahwa BCWF 2019 sebagai kelanjutan dari penyelenggaraan BCWF tahun lalu yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bangka.

“Lokasi penyelenggaraan BCWF 2019 sangat dekat dengan Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang hanya sekitar 1 jam dengan kendaraan darat sehingga akan menarik minat  pengunjung,” kata  Mulkan.

Senada hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai juga mengatakan bahwa BCWF mengangkat keunikan keragaman etnis yang ada di Bangka Belitung.

“Bangka Belitung dikenal dengan keragaman dan kerukunan etnis yang ada. Perbaurannya menciptakan akulturasi yang unik yang hingga kini bisa kita lihat harmonisasinya di Bangka Belitung ini. Dalam gelaran BCWF, keunikan ini dikemas sedemikian rupa untuk kemudian menjadi salah satu daya tarik wisata di Bangka Belitung,” kata Rivai.

BCWF 2019 dengan tema “Home Coming” tersebut akan menampilkan  beragam budaya berupa pertunjukan musik dan tari dari berbagai daerah nusantara hingga mancanegara, yakni Bangka Art Wave, Bangka Wave Carnival, Bangka Ethnic Wave Festival, dan Bangka Ethnic Music Festival. Disamping itu juga aka nada workshop, bazaar, berbagai perlombaan, dan penampilan menarik lainnya.

Penyelenggaraan BWCF tahun ini menargetkan 5.000 wisatawan mancanegara dan 50.000 wisatawan nusantara, yang pada tahun lalu  berhasil menarik sebanyak 1.500 wisman  dan 30.000 wisnus.

 

Penulis : Ernawati Arif

Foto : Achmad Fajri