Pengembangan Destinasi Dukung Keberhasilan Pembangunan Kepariwisataan

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Dalam rangka mendukung keberhasilan pembangunan kepariwisataan di Kepulauan Bangka Belitung dibutuhkan peran dari seluruh pemangku kepentingan terkait.

Berkaitan hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) menyelenggarakan Forum Koordinasi Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Cordela, Pangkalpinang, Selasa (26/3/2019).

Kepala Disbudpar Babel diwakili Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Rusni Budiati menginginkan para peserta untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Di forum ini kami mengundang pihak-pihak terkait yang memang dibutuhkan sinerginya dalam pengembangan destinasi pariwisata, karena ini adalah tugas kita bersama. Saya ingin agar bapak ibu yang hadir dapat menyampaikan apa saja kendala atau pun masukan terkait pengembangan destinasi pariwisata di kabupaten/kota,” kata Rusni saat membuka acara.

Menurut Rusni penting setiap pihak terkait kepariwisataan di kabupaten/kota untuk berhimpun dan saling mengkoordinasikan perkembangan destinasi pariwisata.

“Untuk mencapai keberhasilan pembangunan pariwisata, sangat penting sekali bagi kami untuk mengkoordinasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan destinasi pariwisata yang ada di kabupaten/kota. Supaya kita tetap sinkron, dan dapat saling memberikan masukan yang membangun,” katanya.

Kepala Seksi Daya Tarik Wisata, Yuliarsyah yang pada hari ini bertugas sebagai moderator juga menyampaikan bahwa perkembangan destinasi pariwisata di Bangka Belitung harus terus diperbaharui.

“Di Bangka Belitung saat ini sedang berkembang dengan pesat. Sehingga kita sebagai perpanjangan tangan Pemerintah selalu mengetahui perkembangan kepariwisataan khususnya destinasi pariwisatanya, agar tahu sejauh apa perkembangan kepariwisataan di daerah kita,” kata Yuliarsyah.

Yuliarsyah juga menambahkan bahwa dengan adanya forum ini setiap pihak terkait yang hadir dapat memberikan masukan yang membangun.

“Dalam forum ini kan nanti juga ada paparan dari setiap kabupaten/kota. Dari paparan tersebut kita bisa mengetahui bagian mana yang masih harus dibenah atau dimantapkan lagi. Masukan-masukan ini sangat penting, agar daya tarik wisata yang ada di daerah kita dapat benar-benar mendukung pariwisata kita,” tambahnya.

40 orang peserta yang mengikuti kegiatan berasal dari instansi pemerintah terkait, asosiasi pariwisata, dan akademisi. Disamping itu, para peserta juga diminta untuk membawa bahan paparan dan data terkait 3A, surat pebugasan pengelola data 3A, Data 3A Triwulan I, rencana kegiatan pembangunan destinasi 2019, dan usulan rencana kegiatan pengembangan destinasi tahun 2020 yang akan jadi masukan usulan ke Provinsi.

 

Penulis   : Ernawati Arif

Foto        : Rafiq Elzan