Rivai Minta Pelaku Pariwisata Formulasikan Paket Wisata Menarik

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Pangkalpinang – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai meminta agar seluruh pihak terkait dapat memformulasikan paket wisata Bangka Belitung yang menarik.

“Di sini ada yang dari instansi pemerintah, pengelola daya tarik wisata, dan juga biro perjalanan. Saya minta kepada bapak ibu semua agar kita bersama-sama dapat membuat atau memformulasikan berbagai paket wisata yang menarik untuk Bangka Belitung,” kata Rivai saat membuka acara Penyusunan Paket Destinasi Pariwisata Bangka Belitung, di Hotel Bangka City, Senin (1/4/2019).

Rivai mengatakan perkembangan pembangunan pariwisata harus mengikuti perkembangan zaman yang serba digital.

“Saat ini kita memasuki era revolusi industri 4.0, bahkan di negara lain ada yang sudah sampai 5.0. Hampir semua aspek mengalami transformasi menuju digital industri, seperti penggunaan platform digital. Mulai dari pengembangan destinasi, pemasaran, hingga pengelolaan kelembagaan pariwisata,” jelas Rivai dalam sambutannya.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Disbudpar Babel, Rusni Budiati mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi penting terkait penyusunan paket wisata.

“Hari ini kita ada tiga paparan. Ada dari Kementerian Pariwisata, P-P2Par ITB, dan juga dari UBB. Semua memaparkan materi yang diperlukan dalam penyusunan paket wisata. Kita berharap informasi tersebut dapat membantu kabupaten/kota untuk membuat paket wisata yang menarik,” harapnya.

Disamping itu, Rusni juga mengatakan melalui kegiatan ini juga agar dapat melakukan upaya pemerataan kunjungan wisatawan.

“Melalui kesempatan ini juga, kami ingin adanya pemerataan peredaran kunjungan wisatawan di jalur kabupaten/kota yang saat ini kita bahas. Apa yang menjadi kendala, kita bahas dan kita cari bagaimana solusinya,” 

TPP Kementerian Pariwisata, Titin Fatimah menyampaikan bahwa paket wisata merupakan ujung tombak bagi pariwisata daerah.

“Paket wisata itu ujung tombak pariwisata daerah. Calon wisatawan tahu pilihan obyek wisata kita ya dari paket wisata yang kita tawarkan. Jadi menarik atau tidak paket wisata itu dibuat, akan berpengaruh pada kunjungan,” kata Titin.

30 orang peserta yang diundang pada kegiatan berasal dari instansi pemerintah, pengelola daya tarik wisata, dan biro perjalanan yang ada di beberapa kabupaten/kota di Pulau Bangka.

 

Penulis  : Ernawati Arif

Foto       : Ernawati Arif