Disbudpar Babel Umumkan Para Pemenang Audisi Gita Bahana Nusantara 2019

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung
Gita Bahana Nusantara 2019
Gita Bahana Nusantara 2019

Pangkalpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) mengumumkan nama para pemenang Audisi Gita Bahana Nusantara (BGN)  Babel 2019. Mereka adalah Fransisca Meiliani (alto) asal Pangkalpinang, Nur Fahmi Fardila (sopran) asal Belitung Timur, Suwanto (bass) asal Bangka Tengah, dan Sebastian Cahyo M (bass) asal Pangkalpinang.

Keempat pemenang akan bergabung dengan para utusan provinsi lainnya dalam pemusatan latihan selama 19 hari, yakni mulai 1 sampai 19 Agustus 2019, di Jakarta. Latihan dilakukan secara intensif untuk penampilan pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada 16 Agustus 2019 dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019, di Istana Negara RI.

Kepada para peserta, salah satu juri daerah, Habli Nur berpesan melakukan latihan mendalam hingga mencari guru privat.

“Seni suara harus dilatih dengan serius dan tekun. Tidak bisa hanya dalam waktu yang singkat. Bisa ikut latihan yang ada di sekolah. Kalau masih kurang, bisa cari guru privat,” kata Habli pada malam pengumuman pemenang Audisi GBN Babel 2019, di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Senin (29/4/2019).

Juara 2 pada audisi ini, antara lain Laila Nurjana (Bangka Tengah) Juara 2 sopran, Dedy Setiawan (Pangkalpinang) Juara 2 bass, Gregorius Seto A (Belitung) Juara 2 Tenor, dan Felia Karunia (Belitung Timur) Juara 2 Alto.

Dan predikat Juara 3 diberikan kepada, David Ivan Lie (Bangka Tengah) jenis suara tenor, Dinda Safitri (Bangka Tengah) jenis suara sopran, Sintara (Bangka Selatan) jenis suara sopran, dan Ferdy Anugerah (Belitung Timur) jenis suara bass.

Juri daerah lainnya, Andi Kaharudin menjelaskan bahwa penting bagi peserta untuk memahami pengelolaan suara.

“Suara kita bicara sehari-hari dengan suara saat kita menyanyi, jelas berbeda. Itu ada tekniknya, bukan keluar begitu saja. Nah, kalian harus paham bagaimana mengelola suara kalian, sehingga ketika diaudisi kalian sudah siap,” jelas Andi sambil mempraktekkan yang disampaikannya.

Senada hal tersebut, Ketua dewan Juri, Edy Rama juga meminta kepada pihak sekolah atau pendampin untuk dapat lebih menyiapkan anak didiknya.

“Saya minta agar para guru ataupun pendamping dapat mempersiapkan anak didiknya dari jauh-jauh hari. Kalau mereka sudah dilatih dalam jangka waktu yang panjang, mereka juga lebih siap, tidak begitu gugup. Ini sangat penting sekali. Jangan sampai karena gugup, yang harusnya bisa jadi tidak bisa,” pinta Edy.

Menutup acara mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Kepala Seksi Kesenian, Saifuddin Zuhri berpesan agar para pemenang dapat mempersiapkan dirinya dengan sebaik-baiknya.

“Bagi kalian yang akan mewakili Bangka Belitung dalam Paduan Suara Gita Bahana Nusantara, mohon untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Apa yang dirasakan masih kurang, tolong dapat dikonsultasikan dengan para pendamping,” pesan Saifuddin.

Saifuddin juga berharap agar para pemenang dapat menjaga jiwa dan raga, serta menjaga nama baik Provinsi.

“Kita semua berharap, kalian yang akan mengikuti pemusatan latihan dapat menjaga baik jiwa dan juga raga. Dan satu lagi, jaga nama Provinsi kita. kalian tidak hanya dinilai secara personal, melainkan perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” harapnya.

 

Penulis   : Ernawati Arif

Foto        : Rafiq Elzan