Festival Titik Temu, Gusong Bugis, Kabupaten Belitung

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Dalam rangka Belitung Menuju UNESCO Global Geopark, sesuai dengan program pemerintah yang tersusun dalam Perpres IX/2019, mengenai pengelolaan situs geopark, maka diselenggarakannya kegiatan-kegiatan yang menjadi fokus area yang menjadi pertimbangan terpilihnya Belitung mejadi bagian dari Global Geopark UNESCO. Beberapa diantaranya adalah edukasi, budaya, pembangunan yang berkesinambungan dan kearifan lokal.

Titik Temu Belitung 2019 yang merupakan sebuah pertunjukan teatrikal telah digelar di Pantai Ujung Seberang, Gusong Bugis, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 28 - 30 Juni 2019. Parade puncaknya melibatkan parade Kapal Perang (KRI) TNI AL. Ada juga aktivitas pengibaran Bendera Merah Putih sebagai bentuk penegasan jiwa nasionalisme.

Mengusung tema ‘Juru Seberang’, tradisi leluhur dan budaya baru ditampilkan secara masif. Titik Temu Belitung menampilkan tari tradisi dengan kreasi baru, musik Melayu, tarian kolosal, dan storytelling. Story telling disajikan untuk mengenal kehidupan masyarakat lintas generasi.

Titik Temu Belitung memperkenalkan kebudayaan Suku Sawang di pentas atas laut bersama dengan beragam kekuatan budayanya dalam bentuk tarian dan musik. Tari Sambut menjadi media penyambutan tamu. Tari Beripat Beregong, Tari Memetik Lada dan tarian tentang Sriwijaya dikemas menjadi sebuah rangkaian pertunjukan seni yang unik

Diharapkan Titik Temu dapat menjadi sebuah even rutin skala internasional yang mampu mempromosikan Belitung sebagai sebuah destinasi wisata dengan keunikan wisata bahari dan budaya.