Kunjungi Redaksi Kompas, Gubernur Babel Jalin Sinergitas Pengembangan Pariwisata Babel Melalui Media.

avatar Imelda
Imelda

Jakarta. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas, Jalan Palmerah, Jakarta (16/10). Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel Rivai, Gubernur diterima oleh Tim Redaksi Kompas Group beserta jajarannya. 

Dalam pertemuannya, Gubenur mengatakan bahwa media mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan dan kemajuan pariwisata, salah satunya media memiliki kemampuan untuk menjangkau masyarakat domestik maupun mancanegara dalam kurun waktu yang singkat. Infomasi pariwisata yang disampaikan melalui mediapun dapat dengan mudah diunggah oleh wisatawan. Gubernur menjelaskan pula bagaimana perubahan perilaku wisatawan  saat ini membawa keuntungan bagi sektor pariwisata. Oleh karena itu, Gubenur menyatakan bahwa publikasi media merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan potensi pariwisata khususnya Bangka Belitung  baik nasional maupun internasional. 

“  Pembangunan dan pengembangan pariwisata saat ini tidak terlepas dari peran media. Media telah mendorong serta membantu mempromosikan destinasi wisata Babel sehingga saat ini kami (Babel) menjadi salah satu destinasi prioritas ” kata Gubernur.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga menyatakan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan sektor pariwisata di Babel. Menurutnya sektor pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor yang menopang pendapatan daerah Bangka Belitung selain sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pertambangan. 

“ Sampai saat ini Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah. Sebagai sumber daya alam yang tentunya akan habis, kami tentunya perlu mengembangkan sektor pengganti lainnya. Keindahan alam Bangka Belitung menjadi salah satu sektor yang dapat menggantikan ketergantungan terhadap sektor tambang. Transformasi dari pertambangan ke sektor pariwisata untuk jangka panjang terus kami optimalkan “ ujar Gubernur. 

Lebih jauh lagi Gubernur menyatakan bahwa pengembangan pariwisata Babel tidak terlepas dari 3 elemen penting yakni attraction (atraksi), amenities dan access.

“ Pariwisata Babel mememiliki keunikan dengan daerah lain, untuk itu perlu dikembangkan dengan startegi yang tepat. Sebagai wilayah kepulauan, infrastruktur aksesibilitas antar pulau terus dikembangkan sehingga terjalin konektifitas antara destinasi. Kedepannya kita juga akan menjalin kerjasama dengan PT.ASDP Indonesia Ferry untuk menghubungkan empat (4) pulau besar di Babel. Dari aspek atraksi dan fasilitas, kita (Pemerintah) mensupport daya tarik wisata di tiap wilayah Geopark di Belitung Timur, Wisata Hutan Manggrove di Bangka Tengah, Wisata Heritage Kota Muntok di Bangka Barat serta destinasi lain yang tersebar di wilayah Bangka Belitung. Harapan kita length of stay  (lama tinggal) wisatawan di Bangka Belitung dapat ditingkatkan, saat ini 1,9 hari nantinya minimal bisa menjadi tiga (3) hari” ujarnya.

Gubernur kembali menegaskan bahwa media punya peran besar terhadap maju dan mundurnya pariwisata di Bangka Belitung. Karena dari media, masyarakat luas tahu tentang ragam dan destinasi yang menarik yang ada di Babel. Lewat media, masyarakat juga bisa tahu tentang keindahan dan juga bagaimana pemerintah Bangka Belitung terus berusaha mengembangkan sektor pariwisata sebagai salahh satu sektor pendapatan daerah. Beliau juga mengakui pariwisata Bangka Belitung banyak terbantu dengan pemberitaan positif yang dilakukan oleh media salah satunya media Group Kompas , dirinya pun berharap sinergi ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Bangka Belitung. 

“ Kami (Babel) berharap melalui pertemuan ini dapat terbangun sinergitas yang baik sehingga pariwisata Bangka Belitung dapat dikenal oleh masyarakat sampai ke mancanegara. Kedepannya, kami berharap kerjasama ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga kekuatan pariwisata Bangka Belitung dapat terbangun melalui media” kata Gubernur.

Penulis: Imelda