Meriahkan Hari Jadi Babel Ke 19 Tahun, Pemprov Gelar Senam Bedincak Bersama dan Pentas Seni di Anjungan TMII

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Kepala Disbudpar Babel, Rivai yang Mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Memberikan Sambutan pada Kegiatan Senam Bedincak Bersama dan Pentas Seni Babel di Anjungan TMII, Minggu (08/12/2019)
Kepala Disbudpar Babel, Rivai yang Mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Memberikan Sambutan pada Kegiatan Senam Bedincak Bersama dan Pentas Seni Babel di Anjungan TMII, Minggu (08/12/2019)

JAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ke -19 Tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel melalui Badan Penghubung Babel melaksanakan Kegiatan Promosi Babel dengan tajuk “Senam Bedincak Bersama dan Pagelaran Seni, Musik Etnik Babel”.

Kegiatan tersebut, dipusatkan di Halaman Anjungan Babel yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (08/12/2019) pagi.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Rivai mengatakan, Provinsi Babel menitikberatkan pada pengelolaan, pembinaan dan pemanfaatan kesenian agar para pelaku kesenian diberikan ruang untuk ekspresi dan aktualisasi sebagai bagian dari promosi daerah, yang dapat di- "combined" dengan penyelenggaraan event lain seperti expo,”kata Rivai.

Rivai menitipkan pesan  agar Badan Penghubung  sebagai jajaran birokrasi terdepan daerah di tingkat pusat dapat secara lebih intens menampilkan promosi unggulan Babel, khususnya keunggulan seni budaya dan potensi  lainnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin berharap kolaborasi antar pemerintah dan para penggiat seni budaya dapat lebih ditingkatkan sebagai instrumen kecintaan terhadap negeri melalui kegiatan seperti ini, ”ujar Syahbudin.

Sementara itu, Manager Budaya dan Koordinator Anjungan TMII, Ertis memuji Provinsi Babel yang masih tergolong remaja telah dapat mensejajarkan diri dengan provinsi lain di Indonesia yang lebih maju dalam seni budayanya.

Kegiatan ini diawali dengan senam bedincak bersama yang diikuti oleh Kepala Disbudpar Babel, Rivai, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, Manager Budaya dan Koordinator Anjungan TMII, Ertis, Perwakilan Anggota DPRD Babel, Kepala Badan Penghubung Provinsi Babel, Ari Prima Jaya, serta sejumlah perwakilan Anjungan Provinsi di Indonesia yang berada di kawasan TMII dan unsur terkait lainnya.

Selain senam bedincak bersama, rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Kep.Babel yang ke-19 di Anjungan TMII juga digelar bazar kuliner, dimana bazar ini menyajikan makanan khas dari Babel, yakni, pempek, lakso, rujak soun, kue jungkong, kue talam durian, dan lain-lain.

Tamu undangan yang hadir di Anjungan TMII juga dihibur oleh Sanggar Seni Wulan Menari dari Kabupaten Belitung yang membawakan orchestra melayu besimbur, Bangka Percussion yang membawakan music etnik Babel, serta penampilan Sanggar Serumpun Sebalai yang membawakan Tari Kreasi Babel dan fashion show yang dibawakan oleh Bangka Percussion.

 

Sumber : Disbudpar Babel

Penulis : Maulana Apriyanto/Hendrianto/Agus Purnama

Fotografer : Hendrianto/Maulana Apriyanto

Editor : Agus Purnama

Bidang Informasi : Sekretariat