Disbudpar Babel Laksanakan Pagelaran PKD Tingkat Provinsi Tahun 2020

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Kepala Bidang Kebudayaan, Engkus Kuswenda Memberikan Arahan Saat Shooting Pagelaran PKD di Pantai Kulur Ilir (foto : Sinta)
Kepala Bidang Kebudayaan, Engkus Kuswenda Memberikan Arahan Saat Shooting Pagelaran PKD di Pantai Kulur Ilir (foto : Sinta)

KOBA – Di tengah kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19 dengan semangat kerja untuk Indonesia maju dan Bangka Belitung (Babel) yang lebih baik, dan meski di tengah keterbatasan pagu anggaran kegiatan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Babel tetap bisa melaksanakan Pergelaran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2020.

Untuk tahun 2020, karena wabah Covid-19 belum mereda, rangkaian kegiatan pergelaran PKN diawali dengan format Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) sebagai sarana untuk pelestarian, perlindungan, pengembangan serta pemanfaatan seni budaya daerah yang ada di Babel, sekaligus menjadi sarana promosi keunikan, keunggulan seni budaya, hingga potensi Daya Tarik Wisata (DTW) yang tersebar di seluruh wilayah Babel.

Kegiatan tingkat Provinsi Babel ini, mengambil lokasi di Pantai Kulur Ilir, Kabupaten Bangka Tengah, Babel, 26-27 Agustus 2020, dengan peserta sejumlah sanggar seni yang ada di Babel, diantaranya Sanggar Seni Budaya Ketakung  Mirah  dari Kabupaten Bangka Tengah yang menampilkan pagelaran seni tari tradisi kreasi kontemporer,  Sanggar Seni Maestro Campak Dalung Babel, Pak Batman yang akan menampilkan lagu tradisi  Campak Dalung Babel.

Berikutnya, Sanggar Rebang Emas dari Kabupaten Bangka yang menampikan seni budaya tradisi kontemporer modern, Sanggar Seni Buluh Perindu dari Kota Pangkalpinang yang menampikan seni tari tradisi, pop dan modern yang menampilkan karya seni terbaiknya di potensi keindahan DTW pantai yang ada di Kabupaten Bangka Tengah, seperti Pantai Tapak Antu, serta Pantai Tanah Merah.

Shooting pada hari pertama, dibuka dengan pertunjukan Sanggar Ketakung Mirah dari Kabupaten Bangka Tengah, dipusatkan di Pantai Kulur Ilir yang merupakan salah satu DTW Bangka Tengah.

Plt. Kepala Disbudpar Babel, Darlan melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Engkus Kuswenda mengatakan, seluruh rangkaian proses shooting Pekan Kebudayaan Daerah asal Babel ini, nantinya akan ditayangkan pada kanal/link PKN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang tentunya juga akan ditayangkan di media online Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Meskipun dengan keterbatasan anggaran, namun, jika diawali dengan niat yang tulus dan semangat kerja yang tinggi, semua kendala akan dapat diminimalisir,” ujar Engkus.

Ditambahkannya, situasi pandemi Covid-19 sat ini, membuat perencanaan PKN 2020 mengalami perubahan. Konsentrasi negara pada penanganan pandemi dan pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial berpengaruh pada cara presentasi dari berbagai aktivitas kebudayaan, begitu pula dengan cara publik menikmatinya. “Oleh karenanya PKN 2020 akan diselenggarakan dalam format dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline),” katanya.

Di bawah Tema Utama “Ruang Bersama Indonesia Bahagia”, narasi yang akan diangkat dalam PKN 2020, disebutkan Engkus, adalah “penguatan tubuh manusia dan penguatan ekosistem kebudayaan”. (maulana/agus).