Plt. Kepala Disbudpar Babel Darlan, Hadiri Pembukaan DTW fase New Normal di Kabupaten Bangka

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Plt Kadisbudpar Babel, Darlan memberi sambutan saat menghadiri Pembukaan Beroperasinya DTW di Rumdin Bupati Bangka
Plt Kadisbudpar Babel, Darlan memberi sambutan saat menghadiri Pembukaan Beroperasinya DTW di Rumdin Bupati Bangka

SUNGAILIAT,BANGKA - Setelah empat bulan lebih sektor pariwisata di Kabupaten Bangka ditutup akibat dari pandemi Covid-19, Senin lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka membuka kembali sektor Pariwisatanya. Hal itu, ditandai dengan launching video pariwisata di masa new normal (tatanan baru) guna menarik minat kunjungan wisatawan nusantara/domestik maupaun wisatawan manca negara, yang dipusatkan di Rumah Dinas Bupati Bangka.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Darlan turut menghadiri kegiatan pembukaan persiapan beroperasinya Daya Tarik Wisata (DTW) dalam menghadapi fase new normal di Kabupaten Bangka tersebut.

Pada kesempatan itu, Plt. Kepala Disbudpar Babel, Darlan, mengatakan bahwa salah satu strategi wisata yang baik yakni, menciptakan daya tarik wisata yang baru bagi pariwisata di Indonesia, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang di atur Pemerintah, dan tentunya harus berbasis CHS (Cleanliness, Health, Safety,) selain membangun infrastruktur, membuat konsep promosi, dan membangun sumber daya manusianya.

Darlan menambahkan, mengingat sektor ini (pariwisata-red) bersifat multiplier effect dalam roda perekonomian. Oleh sebab itu, perlu adanya sinergitas antara Pemkab Bangka dengan para pelaku industri pariwisata dan juga masyarakat guna mengembangkan potensi desa wisata maupun potensi daya tarik wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bangka ini,”ungkapnya.

“Kita telah berkomitmen, seluruh stakeholder untuk fokus membangun pariwisata Bangka ini, apalagi mengingat potensinya cukup besar, termasuk di pantai timur yang telah diperuntukkan untuk Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata, maka perlu adanya sinergi dan kebersamaan, untuk mempercepat pembangunan di sektor pariwisata ini,”jelas Darlan.

Di akhir sambutannya, Darlan mengatakan, melalui sinergitas antara Pemkab Bangka dan Pemprov Babel dapat mendatangkan investor dan efeknya akan terasa sampai ke masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Bangka.

Kegiatan Pembukaan itu, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bangka, Mulkan yang kemudian pada kesempatan itu juga digelar diskusi ringan antara Bupati Bangka yang didampingi Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Andi Hudirman dengan pelaku usaha industri pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka dan sekitarnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan itu, unsur Forkopimda Kabupaten Bangka, Sejumlah Pejabat Eselon II,III Pemkab Bangka, perwakilan pelaku industri pariwisata di Kabupaten Bangka dan unsur terkait lainnya.

Penulis : Yogi/Anugrah/Purnama