Ekspedisi BATU KEPALE : "Kunci Peradaban yang Hilang?"

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung
Bukit Batu Kepale
Bukit Batu Kepale
Koordinasi dengan Perangkat Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan
Koordinasi dengan Perangkat Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan
Proses Pengambilan Data
Proses Pengambilan Data
Gambar Cadas_1
Gambar Cadas_1
Gambar Cadas_2
Gambar Cadas_2
Gambar Cadas_3
Gambar Cadas_3
Tim Ekspedisi Batu Kepale
Tim Ekspedisi Batu Kepale

Ekspedisi Batu Kepale : Kunci Peradaban Yang Hilang?

Pada tanggal 05-07 September 2020, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi dan Balai Arkeologi Sumatera Selatan didampingi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan dan Perangkat Desa Gudang melakukan ekspedisi Batu Kepale. Batu Kepale merupakan sebuah bukit di Potensi Wisata Bukit Nenek, Desa Gudang, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan. Ekspedisi dilakukan setelah mendapat laporan masyarakat setempat terkait temuan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang terdapat di Bukit Batu Kepale. Setelah dilakukan peninjauan, DIPASTIKAN bahwa lukisan di dinding gua batu granit Bukit Batu Kepale merupakan Gambar Cadas (Rock Art) dengan gaya non figuratif (metode penggambaran wujudnya tidak mewakili bentuk-bentuk yang ada di alam).

Gambar Cadas (Rock Art) adalah salah satu peninggalan arkeologi, yaitu imaji berupa gambar, lukisan, pahatan kreasi manusia lampau (masa prasejarah). Biasanya ditemukan pada bongkahan batu, cerukan, tebing, dan gua yang pada umumnya bentukan batu karst.

POIN PENTING dari temuan ini adalah

  1. Wilayah bagian Barat Nusantara (Pulau Sumatera) sebelumnya dianggap tidak memiliki lukisan atau tradisi gambar cadas Austronesia. Temuan rock art di Bukit Batu Kepale, menjadi yang keempat setelah gambar cadas di Sumatera Selatan (2009), Jambi, dan Sumatera Barat.
  1. Bukit Batu Kepale menjadi istimewa karena biasanya gambar cadas dibuat di batu karst atau gamping. Sedangkan gambar cadas Bukit Batu Kepale dibuat di batuan granit.
  1. Gambar cadas berwarna merah dan umumnya warna merah mempunyai usia paling tua dibanding warna yang lain (hitam atau putih). Saat ini warna merah cuma ada dua di barat Nusantara (Gua Harimau - Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dan Bukit Batu Kepale - Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung).

Melalui temuan ini diharapkan dapat menjawab 'periode kosong' dalam Sejarah Kepulauan Bangka Belitung dan kita dapat mengetahui peradaban masa lampau di Kepulauan Bangka Belitung. Akan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan usia lukisan, peradaban apa yang terjadi pada masa tersebut, dan lain-lain. Kepulauan Bangka Belitung memegang peranan penting di peradaban barat Nusantara lewat temuan ini. Semoga ini menjadi titik balik kebudayaan dan dapat menjadi nilai-nilai pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam Bumi Serumpun Sebalai.

 

Penulis :GP

Fotografer : GP