Keindahan Daya Tarik Wisata Air Terjun di Bumi Selawang Segantang

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Keindahan Air Terjun C2 di Bukit Pading, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah (foto : Istimewa)
Keindahan Air Terjun C2 di Bukit Pading, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah (foto : Istimewa)

LUBUK BESAR, BANGKA TENGAH – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang merupakan salah satu provinsi kepulauan di Indonesia, dianugerahi Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, berupa keindahan alam yang tak semua daerah memilikinya.

Selain memiliki pantai yang unik dan juga indah, Babel juga menyimpan keindahan Daya Tarik Wisata (DTW) alam air terjun. Salah satunya Air Terjun C2 Bukit Pading.

Air terjun ini, berada di kawasan Bukit Pading, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Babel.

Keindahan dan keasrian alam di sekitar lokasi DTW Air Terjun C2 ini nampak terawat dan terjaga. Hal ini, dapat menjadikan destinasi wisata alam yang dimiliki Bateng tersebut, akan menarik minat pelancong atau wisatawan berkunjung ke tempat ini (Air terjun C2-red).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Babel melalui bidang Destinasi Pariwisata sangat intens melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) guna pengembangan seluruh potensi DTW yang ada di Babel.

Baru-baru ini, melalui Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Babel, sekaligus Koordinator Monev potensi DTW di Pulau Bangka, Martinawati melakukan eksplorasi melalui monev DTW Air Terjun C2.

Martinawati mengatakan, DTW alam Air Terjun C2 di Desa Lubuk ini, sangat indah dan natural sekali. Selain itu, banyak spot-spot untuk berswafoto berlatarkan air terjun dengan air yang begitu jernih dan bersih.

Dikatakan Martinawati, meski harus menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam menuju ke lokasi DTW Air Terjun C2 dari Kota Pangkalpinang, namun, begitu sampai ke tempat tersebut, pengunjung langsung bisa merasakan sejuknya udara serta dapat menikmati keindahan wisata alam di bumi “Selawang Segantang” Kabupaten Bangka Tengah.

“Semoga ke depan, DTW Air Terjun C2 akan semakin berkembang, dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan juga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangka Tengah di sektor pariwisata,” harapnya.

Dalam Monev DTW Air Terjun C2 itu, Martinawati didampingi Kepala Seksi Tata Kelola dan Pemberdayaan Masyarakat, Wiji Wijayanti beserta sejumlah pegawai di lingkup Disbudpar Babel.(agus purnama).