Pantai Jerangkat, Wisata Pantai dengan Alam yang Begitu Indah di Utaranya Pulau Bangka

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Keindahan Wisata Pantai Jerangkat di Kabupaten Bangka Barat
Keindahan Wisata Pantai Jerangkat di Kabupaten Bangka Barat

JEBUS, BANGKA BARAT – Kabupaten yang berada di sebelah baratnya Pulau Bangka ini, sudah terkenal sejak zaman dahulu, lewat tambang timah dan juga lada dengan kualitas terbaik di dunia, yaitu Muntok White Pepper.

Selain kedua hal itu, Kabupaten Bangka Barat (Babar) juga menyimpan sejumlah potensi unggulan di sektor pariwisata, mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata kuliner hingga wisata sejarah bisa dijumpai di Babar, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Sebagai leading sektor di bidang pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Kebudayaan (Disbudpar) Babel, baru-baru ini melakukan ekspedisi ke Pantai Jerangkat yang merupakan salah satu potensi Daya Tarik Wisata (DTW) di Kabupaten Bangka Barat.

Ekspedisi ke DTW Babar itu, dikoordinir Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Kepariwisataan Disbudpar Babel, Darnis Rachmiyati.

Untuk diketahui, DTW unggulan Pantai Jerangkat, terletak di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat. Perjalanan menuju Pantai Jerangkat dapat ditempuh sekitar kurang lebih 3,5 jam dari pusat Kota Pangkal Pinang, dengan jarak sekitar kurang lebih 134 KM.

Pantai ini (Jerangkat-red) berada dikawasan hutan lindung Bukit Penyabung, yang juga merupakan salah satu kawasan usulan taman bumi (geopark) Pulau Bangka. Dari pintu masuk menuju kawasan pantai memerlukan waktu sekitar 45 menit, dengan menyusuri jalanan tanah merah, meski belum di aspal, namun, jangan khawatir, karena selama perjalanan wisatawan akan disuguhi nuansa hutan yang begitu asri, sehingga membuat perjalanan akan berkesan.

Saat sampai di pinggir Pantai Jerangkat, wisatawan langsung bisa menikmati keindahan birunya laut yang berpadu sempurna dengan hamparan pasir putih yang luas dan sangat bersih. Tak hanya sampai disitu, di pantai yang begitu indah dan menawan di Desa Jebus, Babar ini, wisatawan yang melancong juga dapat menyeberang ke pulau-pulau kecil yang ada disekitar pantai dengan paket penyeberangan yang beragam, mulai dikisaran harga Rp. 20.000,00 hingga Rp. 45.000,00.

Di Pulau sekitar kawasan Pantai Jerangkat tersebut, wisatawan dapat menikmati keindahan alam bawah laut melalui kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel (snorkeling). Selain itu, di salah satu pulau yang bernama “Pulau Tidung” terdapat sumber air tawar yang keluar dari sela-sela bebatuan granit.

Keunikan lain yang membedakan Pantai Jerangkat dari pantai-pantai lainnya di Babel itu, di sekitar Pantai Jerangkat terdapat hamparan batu bersejarah, dimana bebatuan tersebut, merupakan salah satu penunjuk sejarah, lahirnya Pulau Bangka. terdapat tiga jenis batuyang diperkirakan usianya lebih dari 200 juta tahun silam, yaitu, Batu Diabas, Batu Metamorf, dan Batu Granit.

Bagi wisatawan yang berwisata ke Pantai Jerangkat, tidak perlu khawatir, karena di Pantai Jerangkat telah dilengkapi fasilitas penunjang, seperti,mushola, warung makan yang menyajikan aneka kuliner khas melayu, toilet, serta camping ground. Tak hanya itu, jika wisatawan memerlukan pemandu wisata, disana juga tersedia, mereka (pemandu wisata-red) tak hanya piawai memandu para wisatawan tapi juga dibekali pengetahuan terkait kegiatan snorkeling.

Keunggulan DTW Pantai Jerangkat lainnya, dikawasan ini juga tersedia spot-spot memancing. Di Pantai Jerangkat, juga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi offroad, sepeda gunung, dan juga hiking.

Darnis Rachmiyati, selaku koordinator Tim Monitoring dan Evaluasi potensi DTW, mengatakan bahwa Pantai Jerangkat memiliki potensi alam yang begitu indah, lingkungannya masih asri dan juga bebatuan yang terhampar di sepanjang pantai ini, tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Ia berharap Pantai Jerangkat, dapat menjadi salah satu DTW minat khusus sport tourism di Kabupaten Bangka Barat.

“Hal ini tentu saja, dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Kami (Disbudpar Babel-red) juga berharap sinergitas Pemprov Babel dengan Pemkab Babar guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Ketap Kecamatan Jebus melaui kegiatan pelatihan dan juga sertifikasi pengelola DTW,”ucap Darnis.

Turut serta mendampingi kegiatan ekspedisi tim monev Disbudpar Babel di DTW Pantai Jerangkat itu, Kepala Seksi Pengembangan Potensi Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bangka Barat, Suarman, Kepala Seksi Sarpras Dispar Babar, Heriyandi, dan perwakilan Pokdarwis Desa setempat, Rizam.

(Penulis : Purnama/Ratna,  Fotografer : Istimewa/Ratna)