Wisata Bahari yang Memukau ada di Pantai Siangau

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Pesona keindahan DTW Pantai Siangau yang terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kabupaten Bangka Barat ini, patut untuk dikunjungi (foto : ist/yovis)
Pesona keindahan DTW Pantai Siangau yang terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kabupaten Bangka Barat ini, patut untuk dikunjungi (foto : ist/yovis)

BANGKA BARAT - Pesona keindahan wisata bahari di Bangka Belitung (Babel) tak bisa terbantahkan lagi. Keunikan dan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan hamparan bebatuan granit.

Kabupaten Bangka Barat memiliki banyak potensi unggulan destinasi wisata bahari yang begitu memukau, salah satunya ada di Pantai Siangau yang terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga,Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai ini (Siangau-red) memiliki luas kurang lebih 5 Hektar yang terdiri dari, perkebunan kelapa, hamparan bebatuan granit baik besar maupun kecil, serta hamparan pasir putih yang sangat luas. Jarak tempuh menuju ke destinasi wisata bahari Pantai Siangau sekitar 176 KM atau 2 jam 30 menit dari Kota Pangkalpinang.

Selain menikmati keindahan Pantai Siangau. Wisatawan yang melancong ke Daya Tarik Wisata (DTW) ini dapat juga mengunjungi destinasi lainnya, yakni, Pantai Tanjung Bajun, Pantai Perantau, Pulau Punai, Bukit Pala, kawasan hutan Mangrove, Pantai Batu Balai Putri, dan Pantai Tanjung Pabrik.

Keberagaman potensi wisata bahari di Kabupaten Barat itu, tentu saja menjadi daya tarik tersendiri di bumi “Sejiran Setason” (Wilayah negeri yang mempunyai warga yang berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan).

Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang Pemasaran Pariwisata baru-baru ini, melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke potensi DTW bahari Pantai Siangau itu.

Ekspedisi Tim Monev Disbudpar Babel ke Pantai Siangau, belum lama ini, dikoordinir Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata, Martinawati yang didampingi sejumlah Pejabat Pengawas dan Pegawai Disbudpar.

Kedatangan Tim Monev Disbudpar Babel ke DTW Pantai Siangau disambut Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat, Setyawan, didampingi Sekretaris Desa Teluk Limau, Rahmawati, dan Ketua Pokdarwis “Kampoeng Teluk”, Hari Prasetya beserta anggotanya.

Setyawan berharap objek wisata yang masih terlihat jelas keaslian ini, dapat menambah pilihan masyarakat untuk berlibur.

Kegiatan Monev ke DTW Pantai Siangau di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Parittiga, Kabupaten Bangka Barat itu, dilakukan secara bersama – sama dengan melibatkan unsur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat, unsur Perangkat Desa Teluk Limau dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Kampoeng Teluk” guna tindak lanjut terkait pengelolaan DTW Pantai Siangau yang saat ini masih dualisme pengelolaan kawasan wisata dengan pembagian area kiri dan kanan melalui Focus Grup Discussion (FGD).

FGD yang diinisiasi Disparbud Kabupaten Bangka Barat tersebut, bertujuan untuk mencapai kesepakatan serta penetapan regulasi pengelolaan pendapatan, seperti, retribusi tiket masuk, gazebo, toilet, dan perbaikan sarana dan prasarana seperti akses jalan masuk menuju Pantai Siangau demi pengembangan DTW Pantai Siangau melalui Peraturan Desa. (yani/purnama).