Pesan Sandiaga Uno untuk Pemulihan Pariwisata

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

PANGKALPINANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) Rofiko sore ini mengikuti Dialog Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melalui aplikasi zoom Meeting dengan topik "Strategi Meraih Kepercayaan Wisman dan wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Kebiasaan Baru", Sabtu 26/12/2020.

Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam arahan yang disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno untuk pemulihan pariwisata di tahun 2021 disampaikan empat hal antara lain; Pertama akselerasi pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas. Kedua penyiapan Calender of Evens di setiap destinasi terutama di lima destinasi super prioritas. Ketiga implementasi aspek kesehatan dan keselamatan pada setiap destinasi pariwisata sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman. Keempat ekonomi kreatif untuk menjadi lokomotif dalam menciptakan lapangan pekerjaan ,terutama untuk sektor yang banyak menyerap dan mengerakkan ekonomi.

Sandiaga Uno selaku Menparekraf yang baru dilantik juga menyampaikan Platfrom Program Menparekraf yang terdiri dari (1) menerapkan strategi inovasi diantaranya dengan pendekatan big data untuk memetakan potensi dan penguatan berbagai sektor pariwisata yang ada, (2) perubahan mendasar terhadap destinasi super prioritas dalam satu tahun, mulai dari busana, tarian, kuliner dan infrastrultur. (3) adaptasi penerapan standar CHSE untuk setiap destinasi wisata sebagai bentuk adaptasi dimasa pademi. (4) kolaborasi bekerjasama dengan semua pihak untuk memulihkan sektor pariwisata dan industri kreatif, membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Menindaklanjuti arahan Presiden unruk memanfaatkan momentum Pandemi Covid-19 untuk bangkit, Kemenparekraf memanfaatkan masa pademi ini untuk memperbaiki supply melalui 6 langkah untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara lain; pertama, persiapan destinasi wisata, kedua, membangun infrastruktur konektifitas yang kompetitif dengan negara lain, ketiga, menciptakan dan membangun daya tarik wisata, keempat, implementasi dan monitoring CHSE di daerah, kelima peningkatan kualitas SDM Parekraf dan keenam peningkatan kuantitas dan kualitas produk ekraf.

Dalam dialog juga mengatakan ,"Langkah pemulihan sektor Parekraf untuk pemulihan jangka panjang diutamakan untuk membangun pemulihan keseimbangan penyediaan (supply) dan permintaan (demand) pada sektor pariwisata dan ekonomk kreatif." Ujar Sandiaga Uno

Rofiko selaku Disbudpar Babel yang turut dalam dialog ini juga menyambut baik yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dan berkeyakinan Pariwisata Babel akan maju.

 "Untuk memajukan pariwisata Babel sebelumnya kami juga telah menyampaikan kepada Kementrian Perhubungan soal perpanjangan landasan pacu Bandara Hanandjoedin, Tanjung Pandan sepanjang 4800 meter dan pelebaran marka jalan-jalan ke akes destinasi pariwisata di Babel dalam webinar bersama Kementrian Perhubungan, dan dalam webinar tadi juga kita sampaikan hal diatas dan penerapan CHSE dalam dunia pariwisata di Babel ke Pak Sandiaga Uno." ujar Rofiko. 

Dialog ini dihadiri  sebanyak 330 orang perwakilan dari seluruh kepala dinas kebudayaan dan pariwisata dan stakeholders kepariwisataan di seluruh Indonesia. (Munawar)