Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan kepada Pelaku Seni

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Dalam rangka memenuhi salah satu tugas dan fungsi pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dan wujud perhatian pemerintah daerah di bidang seni dan budaya Kamis (21/01/2020) bertempat di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menyerahkan Bantuan Alat-alat Musik Keseniaan Daerah kepada 7 (tujuh) Masyarakat/Sanggar/Kelompok Masyarakat.

Bantuan yang merupakan kegiatan Tahun Anggaran 2020 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) terdiri dari alat musik Bass Duduk, Darbuka, Banjari, Keplak, Tam/Tung, Kecrek, ROQ/Power Beat. Rofiko selaku Kepala Disbudpar Babel mengatakan, "Bantuan ini wujud perhatian pemerintah daerah di bidang seni dan budaya dan fasilitasi pemberdayaan kegiatan masyarakat dengan tujuan mendorong harmonisasi dan pemberdayaan masyarakat, memperkuat nilai-nilai dan identitas masyarakat serta perlindungan , pelestarian dan pemanfaatan seni budaya daerah sebagaimana kutipan UU Kebudayaan Nasional".

Suryana salah satu perwakilan penerima bantuan alat musik tersebut sangat mengapresiasi bantuan Pemerintah Provinsi yang diserahkan oleh Gubernur ini. "Kami sangat berterima kasih atas bantuan Gubernur, semoga banyak manfaatnya untuk siswa-siswi kami di sekolah kami MTS Nurul Fallah-Desa Kimak , dan semoga bantuan seperti ini terus berlanjut, agar kami bisa lebih maju kedepannya", ujarnya. 

Sementara itu Obi Ardi perwakilan dari Sanggar Seni Assipa Kelurahan Ketapang Pangkalpinang berharap melalui Disbudpar Babel untuk rutin menyelenggarakan perlombaan antar sanggar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Kami akan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi, setelah dibantu peralatan ini dan berharap Disbudpar mengadakan perlombaan antar sanggar karena apabila sering mengikuti perlombaan kami menjadi lebih terpacu untuk menjadi lebih baik", ucap Odi.

Gubernur Erzaldi Roeman Djohan menyampaikan bahwa penyerahan alat musik ini agar sanggar-sanggar di Kepulauan Bangka Belitung lebih maju dan dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan penyelenggara even-even wiisata di destinasi-destinasi wisata yang ada di Provinsi Kep. Babel. "Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan tadi dapat lebih mengembangkan kemampuan sanggar agar betul-betul menjadi kelompok-kelompok sanggar yang dapat menggembirakan suasasana, sehingga ketertarikan orang untuk menyaksikan, mendengar dan bersama-sama melihat keberadaan sanggar ini akan lebih meningkat sehingga berimbas kepada pendapatan mereka selaku pelaku seni", kata Erzaldi Roeman Djohan.

Hadir dalam acara penyerahan Bantuan Alat-alat Musik Kesenian daerah, Sanggar Seni ASSIPA Kel. Ketapang Pangkalbalam, Sanggar Arzila Desa Kemuje Mendo Barat, Perkumpulan Campak Dalung Desa Baskara Bhakti Kec. Namang, Perkumpulan Sanggar Hadrah Majelis Ta'lim Ar'rahim Pangkalpinang, Yayasan Nurul Fallah Desa Kimak Kec. Merawang Kab. Bangka, Perkumpulan Hadrah Masjid Attaqwa Dusun Riau-Desa Riau Kec. Riau Silip, Paguyuban Mekar Budoyo Kepulauan Bangka Belitung. (Munawar/GP)