Pak Menteri, Selamat Menikmati Negeri Serumpun Sebalai!

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

Belitung, 5 Februari 2021 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tiba di Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Sandiaga beserta rombongan mampir di Warung Kopi Ake, KV Senang - Bundaran Satam untuk menyantap sarapan berupa Nasi Gemuk khas Belitung dan segelas kopi hangat. Selesai menikmati sarapan, Sandiaga di hadapan awak media menyampaikan program Indonesia Care sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air. “Program ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mengimplementasikan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) di destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia,” kata Sandiaga.

"Tidak bosan-bosannya saya sampaikan agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih dan bangkit, kita harus patuh terhadap protokol kesehatan" tutur Sandiaga. Kunjungan kerja dilaksanakan untuk meninjau destinasi wisata dan UMKM di sektor ekonomi kreatif. Sandiaga mengungkapkan, "Kita yakin kedua sektor ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara, dengan harapan ekonomi masyarakat sekitar hidup kembali dan lapangan kerja kembali terbuka luas".

Pada hari pertama kunjungan, Sandiaga dan rombongan akan mengunjungi Desa Batu Itam-Sijuk untuk melihat industri rakyat pembuatan kapal tradisional, agribisnis, perajin keramik, kemudian Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu-Juru Seberang, peninjauan lahan bekas tambang timah yang diubah menjadi Taman Wisata Mangrove, dilanjutkan mengunjungi Desa Wisata Kreatif Terong melihat atraksi dan amenitas serta potensi desa. Terakhir, Bukit Peramun, melihat Tarsius liar – primata endemik langka yang memiliki mata sangat besar dengan tubuh sangat kecil sebesar telapak tangan. Bukit Peramun menyuguhkan area hutan seluas 115 Ha yang ditumbuhi beberapa jenis tanaman berkhasiat untuk obat.

Penulis : GP

Foto : Chandra/Yunus