Wagub Abdul Fatah temui OTG Geosite Batu Bedil

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

BELITUNG - Sabtu, 13 Februari 2021, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si., menghadiri acara Pembentukan Indonesia Geopark Youth Forum di Geosite Batu Bedil, Pantai Batu Bedil, Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Acara ini dimulai dengan Bersih Pantai Batu Bedil, Penamaman Pohon Ketapang Kencana, Pertunjukan Lagu Daerah, Penyematan pin kepada para OTG (Orang Tertular Geopark) dan diresmikan dengan penembakan bedil bambu tradisional oleh seluruh tamu undangan. Patut diketahui, UNESCO mewajibkan setiap UNESCO Global Geopark (UGGp) untuk memiliki forum pemuda yang dapat mengekspresikan dan mengembangkan peran mereka dalam pengembangan Geopark berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan amanat dan rangkaian pelaksanaan Peraturan Menteri PPN/Bappenas nomor 15 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Taman Bumi (Geopark) Indonesia 2021-2025.

Abdul Fatah dalam sambutannya menyampaikan, "Kita patut bangga dan berterima kasih atas kerja keras semua pihak, insyaAllah bulan April nanti Geopark Pulau Belitong akan disahkan secara resmi oleh UNESCO sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGGp), melalui status ini kita bisa melindungi, mengedukasi dan membangun perekonomian masyarakat Kepulauan Bangka Belitung secara berkelanjutan".

"Kepada siapa kita mewariskan alam yang indah ini? Bumi ini? kalau bukan untuk anak cucu kita nanti" ujar Abdul Fatah. Sebagai kawasan bernilai tinggi, Geopark sesungguhnya memiliki peran strategis dalam memperkuat pemahaman, kesadaran, dan kepedulian manusia dengan lingkungan. "Kami menantang para pemuda untuk dapat memberikan kontribusi aktif dan positif kepada komunitas pengelola geosite secara khusus dan daya tarik wisata di Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya seperti melakukan riset, studi akademis, memperkuat literasi dan mengembangkan potensi" ungkap Abdul Fatah.

"Kepulauan Bangka Belitung akan dikenal luas di internasional, untuk itu Saudara-saudara yang tergabung dalam Belitong Geopark Youth Community memegang peran penting dalam dunia digital, sebagai generasi milenial Saudara pasti mampu mempromosikan pariwisata Kepulauan Bangka Belitung melalui digital marketing dan media sosial" kata Abdul Fatah. "Kami percaya kalian memiliki komitmen untuk terus berkreatifitas, mewujudkan masa depan yang diinginkan, menjadi aktor perubahan, melindung warisan geologi, mitigasi bencana alam, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan". lanjut Abdul Fatah.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai komitmen tegas untuk mengembangkan kepariwisataan Kepulauan Bangka Belitung, hal ini tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diimplementasikan dalam kebijakan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 7 Tahun 2016. Sebagai bentuk komitmen tersebut, tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan melakukan kajian interpretasi geowisata di Pulau Belitung serta peningkatan kapasitas masyarakat pengelola geosite melalui pelatihan-pelatihan teknis kepariwisataan.

Kegiatan Pembentukan Indonesia Geopark Youth Forum ini dihadiri langsung Unesco Global Geopark Indonesia secara online seperti Geopark Batur, Geopark Rinjani, Geopark Ciletuh, Geopark Kaldera Toba, Geopark Gunung Sewu serta kandidat Unesco Global Geopark seperti Geopark Maros Pangkep dan lainnya. Kegiatan ini juga turut dihadiri secara langsung oleh perwakilan Kementeian PPN/BAPPENAS, perwakilan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Belitung, perwakilan dinas di tingkat provinsi, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. (Chandra/Apri/GP)